Bicara Musik

Kembara

 

Kembara adalah sebuah project solo yang diprakarsai oleh Abdi Putra dan diawali dengan alasan sederhana yaitu ingin mempunyai album/EP setelah sebelumnya beberapa kali gagal membuat album dengan format Band.

 

Diawal 2016, tiba-tiba muncul ide untuk menulis sebuah lagu bernuansa akustik/folk yang pada akhirnya diberi judul Selalu Ada. Dengan modal single Selalu Ada yang belum direkam, mencoba eksplorasi dengan mengajak kolaborasi beberapa teman untuk mencari karakter musik yang akan digarap nanti dalam album, misalnya memasukkan bunyi trombone yang waktu itu dibantu seorang sahabat Bernama Hafiz.

 

Seiring berjalannya waktu, dukungan dari sahabat lain pun datang. Raras Parasari mencoba mengajak untuk merekam demo lagu-lagu yang saya tulis di studio pribadinya dan kami berhasil merekam dua demo yaitu Selalu Ada dan Hanya Sehari.

 

Kembara mulai mencoba memberanikan diri untuk tampil dalam beberapa acara musik lokal dan dibantu oleh seorang gitaris sekaligus sahabat karib semasa bangku kuliah yang bernama Batara Watson.

 

Pada pertengahan 2017 dalam sebuah event musik dan diluar rencana bertemu dengan seorang bassist bernama
Jaka Suria. Kami berbincang dan sepakat untuk menggarap sebuah single berjudul Hujan pilihan beliau yang sekaligus menjadi produser dalam menggarap single Hujan tersebut.

 

Single Hujan menjadi single pertama yang dirilis oleh Kembara pada tanggal 18 Oktober 2018 dan ini menjadi langkah awal menuju cita-cita sederhana untuk melahirkan sebuah album atau minimal mini album/EP kelak. Semoga keinginan ini bisa segera terwujud dan tentunya tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari sabahat sahabat yang disebutkan diatas.

 

Hampir setahun setelah merilis lagu Hujan, Kembara kembali merilis lagu Hanya Sehari bersama Raras Parasari pada 8 Juni 2019. Single ini mendapat respon yang cukup positif dari pendengar di Spotify dengan jumlah lebih dari 1 juta streaming.

 

Di era pandemi pertengahan tahun 2020 Kembara sempat merilis lagu Ruang Hampa namun setelah itu sempat terhenti karena fokus melewati masa-masa menghadapi Covid-19. Setelah melewati masa sulit di era pandemi pada tahun 2023 Kembara kembali merilis sebuh single berjudul Sore Kelabu dengan dibantu oleh Gopar untuk promosi dan perilisan single ini dan single-single berikutnya.

 

Kali ini, Kembara tampil dengan format yang lebih sederhana dengan dibantu oleh Fahmi untuk mengisi instrumen tiup French Horn. Kembara adalah duo yang pernah tampil di program Kurasi Musik ‘Live From Studio’

 

‘Live From Studio’ adalah program kurasi musik yang menampilkan musisi atau band yang tampil secara langsung di studio rekaman dengan kualitas suara yang optimal. Dalam program ini, musisi atau band memainkan setlist musik mereka secara langsung di studio rekaman.