Bicara Musik

5 Komunitas Sosial Terbaik #MudaBergerak

5 Komunitas Sosial Terbaik #MudaBergerak

5 Komunitas Sosial Terbaik #MudaBergerak
  • By : Fachrul Adcha
  • 22 December 2017

5 Komunitas Sosial Terbaik #MudaBergerak

4

Bicaramusik.id – Bersama dengan Code for Indonesia dan Kreavi, #MudaBergerak bertujuan untuk mengakselerasi dan membesarkan dampak baik komunitas sosial melalui teknologi dengan kolaborasi bersama developer dan desainer.

#MudaBergerak sendiri adalah suatu gerakan sosial yang diinisiasi oleh Founder sekaligus CEO dari Creativepreneur Event Creator, Putri Tanjung.

Setelah #MudaBergerak membuka pendaftaran pada 20 Oktober 2017 lalu, sudah terjaring 284 komunitas sosial dari 78 kota di seluruh Indonesia.

Berbagai tahapan seleksi dilakukan, salah satunya adalah seleksi wawancara dengan Dewan Kurator #MudaBergerak yang terdiri dari Anto Motulz (Creative Advisor, Kreavi), Desi Anwar (Senior Anchor and Director, CNN Indonesia), Dian Wulandari (COO, Instellar), Enda Nasution (Executive Director, #1000StartupDigital), Najwa Shihab (Jurnalis & Duta Baca Indonesia), Prasetyo Andy Wicaksono (Founder, Code for Indonesia), Putri Tanjung (Founder & CEO, Creativepreneur Event Creator & Founder, #MudaBergerak Campaign), dan Vikra Ijas (CMO, Kitabisa.com).

Berbagai rangkaian seleksi menghasilkan 5 komunitas sosial terbaik yang telah diberikan kesempatan untuk mengikuti Bootcamp #MudaBergerak.

[inlineAds]

Bootcamp yang dilaksanakan pada 17-19 November 2017 ini, merupakan sebuah program pembinaan intensif selama 3 hari yang mencakup berbagai materi seperti Design Sprint, Objective and Key Result (OKR), Branding and Positioning, Pembuatan Konten Video, Social Media Marketing, Growth Hacking, dan UI/UX.

Setelah Bootcamp #MudaBergerak berakhir, kelima komunitas sosial tersebut terus dipantau perkembangannya oleh Tim #MudaBergerak hingga 20 Desember 2017, di mana kelima komunitas tersebut mempresentasikan perkembangan dan hasil dari perencanaan yang sudah mereka jalankan di saat Bootcamp.

Berikut adalah 5 komunitas sosial terpilih yang mempresentasikan perkembangan komunitas mereka pada Presentation Day #MudaBergerak:

For Children Foundation

For Children Foundation adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada isu bullying pada anak di Indonesia. Komunitas ini sendiri sudah memiliki beberapa anggota di Jakarta dan Cianjur.

Garda Pangan

Garda Pangan merupakan komunitas asal Surabaya, yang menjadi pusat koordinasi makanan surplus yang berpotensi terbuang yang disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Gerakan Mendongeng Indonesia

Gerakan Mendongeng Indonesia adalah komunitas asal Malang, yang berfokus dalam menyajikan pembelajaran menyenangkan melalui dongeng kepada anak anak.

Indonesia Berbicara

Indonesia Berbicara merupakan sebuah komunitas yang berbasis di Jakarta yang memiliki visi menyebarkan kesadaran berpolitik kepada generasi muda Indonesia.

Klinik Jalanan

Klinik Jalanan adalah komunitas asal Samarinda yang berfokus sebagai pusat pendidikan, pencegahan, pengobatan serta rehabilitasi anak jalanan yang menyalahgunakan inhalen.

Harapannya, melalui Presentation Day ini kelima komunitas sosial dapat membuktikan kesiapannya untuk terjun langsung ke masyarakat dalam memberian solusi bagi permasalahan yang ada di Indonesia.

Selain itu para komunitas sosial akan dipertemukan dengan beberapa pihak seperti media, perusahaan, dan para pakar dari berbagai bidang, sehingga diharapkan dapat menciptakan potensi kolaborasi di kemudian hari.

[relatedPosts]