Bicara Musik

Streaming Nyaris Dominasi Pasar Musik
  • By : admin
  • 5 March 2019

Streaming Nyaris Dominasi Pasar Musik

Bicaramusik.id – Kita semua melihat streaming lepas landas dalam waktu dekat, dengan Spotify membuat terobosan yang pesat di Afrika Selatan bahkan sebelum peluncuran resminya.

Deezer, Joox, yang sepenuhnya berhaluan lokal seperti diam tak bergerak. Dan, berdasarkan laporan baru dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), streaming musik telah mengambil alih cara kebanyakan orang dalam mengakses musik.

Laporan RIAA terbaru menyebutkan bahwa industri musik (di Amerika) hanya benar-benar tertarik pada beberapa dari artis lokal mereka. Khususnya statistik tentang bagaimana konsumsi musik terpecah pada 2018. Hasilnya mengejutkan, karena streaming adalah sumber musik yang dominan di Amerika. Streaming musik menyumbang 75% dari pendapatan yang dikumpulkan oleh industri musik, menghasilkan $ 7,4 miliar dalam pendapatan dan menyumbang hampir semua pertumbuhan pendapatan untuk tahun ini.

Sebaliknya, unduhan digital (yang mungkin kamu dapatkan dari Apple Music atau melalui situs web seperti Bandcamp) hanya 11% dari tempat musik Amerika di 2018. Mungkin bahkan lebih luar biasa, 12% dari musik yang dibeli di Amerika adalah media fisik.

Vinyl, CD, dan sejenisnya menandakan bahwa musik fisik itu belum mati. Bahkan hal itu turun sebesar 22,8% dari 2018. $ 1,15 miliar untuk tahun ini, sementara unduhan digital meraup sekitar $ 1 miliar. Itu juga mewakili penurunan 26%, dari tahun ke tahun. Setidaknya tidak ada dugaan ke mana arah hilangnya pemasukan orang-orang. Mengapa? Karena hal tersebut mudah dan relatif murah.

Meskipun tidak ada statistik yang sama mengenai pemisahan musik lokal, fakta bahwa konsumen Amerika semakin bergerak ke arah streaming adalah indikator yang cukup meyakinkan bagi industri musik dunia. kita hanya membutuhkan beberapa akses internet yang lebih baik (dan lebih dapat diandalkan).

RELATED ARTICLES

RELATED ARTICLES