Bicara Musik

Yura Yunita
  • By : admin
  • 25 February 2019

Yura Yunita

Mulai menulis lagu pada saat usianya saat baru menginjak 15 tahun, ternyata Yura Yunita sudah lebih dahulu belajar piano secara otodidak di saat usianya masih lebih muda lagi. Lulusan Fakultas Komunikasi UNPAD Bandung ini sudah sedari dini mendengarkan berbagai macam jenis musik mulai dari RnB, groove, jazz, blues, dan funk. 2013 menjadi tahun pertamanya mulai tampil di televisi.

Tak lama sejak kemunculannya di panggung musik tanah air, Yura Yunita menjadi brand ambassador dari label rekaman Musik Bagus. Ia juga berhasil merilis album debutnya yang berjudul Yura di tahun 2014. Album ini menduduki peringkat ke 6 dalam Album Indonesia Terbaik versi Rolling Stone Indonesia di tahun yang sama.

Beberapa lagu yang menjadi hits di kalangan pencinta musik Indonesia dalam album Yura antara lain adalah Balada Sirkus, Berawal Dari Tatap, Intuisi, serta Cinta dan Rahasia. Lagu-lagu ini jugalah yang sering dibawakan oleh Yura saat dirinya tampil di berbagai panggung musik tanah air, baik secara on air atau juga off air, sehingga bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

Yura bahkan berkesempatan untuk menggelar konser tunggal pertamanya setahun setelah ia terjun ke dunia musik Indonesia. September 2014 menjadi saksi bagaimana Konser Balada Sirkus yang digelar Yura Yunita meraih kesuksesan dengan ludesnya penjualan tiket serta banyak apresiasi yang diberikan oleh orang-orang yang datang ke konsernya.

Kesuksesannya tersebut mengantarkan ia dinominasikan menjadi Female Singer of The Year, Breakthrough Artist of the Year, dan Song of The Year untuk lagu Cinta dan Rahasia dalam ajang penghargaan NET. Indonesian Choice Awards 2015. Tahun yang sama pula menjadi saat penting bagu Yura karena ia menjadi pengisi utama panggung International Java Jazz Festival.

Baru pada tahun 2017, dalam ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia, Yura mampu memenangi kategori Penyayi Solo Wanita Terbaik dan Penulis Lagu Pop Terbaik untuk lagu Intuisi yang ia rilis di 2016. Setahun berselang, tepatnya 2018, Yura kembali memenangi Penyanyi Solo Wanita Terbaik dalam ajang yang sama dengan lagu Harus Bahagia.

Di tahun 2018, Yura juga meluncurkan dua lagu yang berjudul Pekat, berkolaborasi dengan Reza Rahadian, dan Takkan Apa.

 

 

Biodata

Nama                                                           : Yunita Rachman

Tempat dan Tanggal Lahir                     : Bandung, 9 Juni 1991

Asal                                                              : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Genre musik                                               : pop, soul, jazz, akustik

Tahun aktif                                                 : 2013 – sekarang

Perusahaan rekaman                               : AYURA

Website                                                       : www.yurayunita.com

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Yura

https://yurayunita.com/

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!