Bicara Musik

Weird Genius
  • By : admin
  • 27 July 2020

Weird Genius

Pendengar musik EDM di Indonesia nampaknya semakin meningkat karena kesuksesan Weird Genius. Meski baru melejit tahun ini, ternyata Weird Genius sudah terbentuk sejak 2016 silam. Proyek kolaboratif dari Eka Gustiwana, Reza Oktovian, Gerald Liu mengambil inspirasi lagu darimana saja, dimulai dari cinta, sosial sampai gaming.

Setiap anggotanya berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Eka Gustiwana sudah dikenal sebagai komposer musik yang sering membuat musik dari video-video viral yang beredar. Ia juga menciptakan lagu ‘Ku Tetap Menanti yang dinyanyikan Nikita Willy.

Kemudian Gerald Liu pun merupakan DJ yang menduduki posisi runner up dalam ajang musik The Remix Season 2 di NET. Ia juga aktif sebagai produser musik rapper Indonesia, di antaranya Slippydoor dan Ramengvrl.

Terakhir ialah Reza Oktovian yang biasa dikenal sebagai Reza Arap. Ia seorang Youtuber Gaming yang sukses. Posisinya di Weird Genius itu sebagai pengganti Billy Tanner yang hengkang. Arap mengisi vokal di beberapa lagu Weird Genius.

Weird Genius menggambarkan musiknya hard, upbeat, pumping, crazy-drop. Identitas musik seperti itu yang telah mereka bangun sejak awal karir. Mereka sudah mengeluarkan 12 single yang menghantarkan mereka ke dunia EDM yang lebih luas.

Setiap tahunnya, Weird Genius berkesempatan manggung di acara musik lokal ataupun internasional. Mereka pernah tampil di Viral Fest Asia Festival Bangkok 2017, Soundrenaline Bali 2018, Local Act for Yellow Claw’s Indonesian Tour 2018, Sky Garden Bali 2018, Local Act for The Chainsmokers Live in Concert Jakarta 2018, SHVR Jakarta 2018 & 2019, dan sebagainya. Bahkan, Weird Genius pun pernah berkolaborasi dengan DOLF, musisi yang satu label dengan Yellow Claw.

Pertama kali, mereka muncul dengan single DPS yang kaya akan nuansa gamelan Bali. Mereka mengakui bahwa lagu tersebut dibuat karena terinspirasi keindahan budaya Indonesia, khususnya Bali. Judul single ini pun merupakan singkatan dari Denpasar. Hal yang patut diapresiasi selain prestasi mereka yaitu rasa nasionalisme yang tertuangkan pada setiap lagu mereka.

Karya terbarunya, Lathi populer hingga mancanegara. Bahkan, nama mereka sempat terpampang di sebuah billboard yang ada di New York. Dalam Lathi, lirik dan musik khas Jawa pun diperkenalkan oleh Weird Genius. Pada tanggal 30 Juni 2020, Spotify merilis siaran pers Lathi telah memecahkan rekor baru sebagai lagu lokal yang menduduki tangga lagu #1 terlama yaitu selama 6 minggu berturut-turut di Top 50 Chart Spotify Indonesia.

Sebelumnya, mereka juga pernah mendapatkan penghargaan untuk kategori “Group DJ of The Year” di Paranoia Awards tahun 2019. Tentunya, hal ini berkat terciptanya beberapa single lain seperti Lunatic, Sweet Scar, Velvet Thorns dan lainnya.

 

BIODATA

Nama Grup                   : Weird Genius

Nama Anggota             : Eka Gustiwana, Reza Oktovian, Gerald Liu

Asal                                : Jakarta

Genre Musik               : EDM

Tahun Aktif                     : 2016 – Sekarang

Situs Web                       : https://weirdgenius.id/

 

Source :

Kumparan

Wikipedia

Tribunnews

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!