Bicara Musik

Tiga Pagi
  • By : admin
  • 25 February 2019

Tiga Pagi

Tiga Pagi menjadi salah satu grup band indie asal Bandung yang kehadirannya cukup fenomenal. Band peraih gelar Rookie of the Year 2014 versi majalah Rolling Stone Indonesia ini memiliki nuansa musik yang begitu artistik. Mereka memadukan ritme pentatonik khas musik Sunda ke dalam aransemen musik chamber pop. Bahkan, debut perdana Tiga Pagi melalui album Roekmana’s Repertoire di akhir tahun 2013 sukses membius pencinta musik tanah air. Dua lagu paling populer dari album tersebut antara lain adalah Batu Tua dan Alang-Alang.

Untuk menghasilkan karya musik yang hebat, personel Tiga Pagi yang terdiri dari Eko Sakti, Prima Dian, dan Sigit Pramudita mengaku terinspirasi oleh musisi hebat seperti Bob Dylan, Paul Simon & Arthur Art Garfunkel, hingga musisi legendaris tanah air sekelas Bimbo dan Ebiet G. Ade. Grup band yang sempat terpilih sebagai 10 Band Terbaik LA Light Indiefest ini tentu menghadirkan warna baru di industri musik Indonesia.

Lama tidak terdengar kabarnya, Tiga Pagi kembali merilis karya musik terbaru bertajuk Tidur Bersama melalui channel YouTube Tiga Pagi pada 16 Agustus 2017 silam. Berbeda dari karya-karya sebelumnya yang hanya dibawakan secara trio, kali ini Tiga Pagi berkolaborasi bersama Danilla, penyanyi cantik dengan suara merdu yang juga tengah naik daun. Beberapa musisi berbakat lain seperti Rizky (Violin), Sidiq (Seruling), Chep (Terompet), hingga kelompok Paduan Suara Karang Taruna Neglasari (PSKTN) pun turut andil dalam karya tersebut.

Sama seperti nama Tiga Pagi yang berarti pandangan sebuah titik waktu, grup band beraliran musik folk ini menganggap kehadiran mereka sebagai awal atau pembawa pencerahan bagi dunia musik Indonesia yang didominasi oleh aliran musik pop. Makna filosofis tersebut membawa Tiga Pagi semakin bertahan di tengah persaingan grup band indie dalam negeri.

 

Biodata

Nama                                         : Tigapagi

Anggota                                    : 1. Eko Sakti Oktavianto (Gitar, Bass)

      2. Prima Dian Febrianto (Gitar)

      3. Sigit Agung Pramudita (Gitar & Vokal)

Asal                                          : Bandung

Genre Musik                          : Folk

Tahun Aktif                            : 2006 – sekarang

Perusahaan Rekaman          : Helat Tubruk

Website                                   : –

 

Sources

https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/05/140509_majalah_hiburan_tigapagi

http://www.provoke-online.com/index.php/music/musicvideos/10681-setelah-debut-album-roekmana-s-repertoire-tigapagi-merilis-single-dan-video-klip-terbaru