Bicara Musik

The Changcuters
  • By : admin
  • 25 February 2019

The Changcuters

Grup musik asal Bandung yang dibentuk tanggal 19 September 2004 ini mulai masuk ke industri musik Indonesia dengan merilis album Mencoba Sukses di 2006. Album ini kemudian di repackaged di tahun 2008 dengan judul Mencoba Sukses Kembali. Alasan mengapa album ini di repacakaged adalah karena penjualan album luncuran tahun 2006 tidak terlalu sukses atau malah bisa dibilang tidak laku.

Di 2008, bekerja sama dengan Sony Music Entertainment Indonesia, The Changcuters merilis kembali album tersebut dengan tambahan dua lagu; Racun Dunia dan I Love U Bibeh. Di tahun yang sama mereka juga merambah dunia seni peran dengan membintangi film berjudul The Tarix Jabrix. Beberapa lagu dari album mereka pun menjadi soundtrack film ini. Masyarakat akhirnya mulai mengenal siapa itu The Changcuters termasuk genre musik mereka yang mulai menemukan peminatnya.

2009 The Changcuters memenangi kategori Pendatang Baru Terbaik dalam ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia Awards. Hal ini tak lepas dari booming-nya lagu Racun Dunia dan I Love U Bibeh, serta film The Tarix Jabrix. Di tahun yang sama pula, The Changcuters mengeluarkan album kedua mereka dengan judul Misteri Kalajengking Hitam.

Puas dengan perilisan album kedua, The Changcuters kembali bermain dalam film The Tarix Jabrix 2 yang soundtrack-nya diisi dengan lagu miliki mereka berjudul Suka-suka. Film ini pun sukses hingga sekuel yang ketiga di tahun 2011 dengan soundtrack yang masih sama diisi oleh The Changcuters, yaitu dengan lagu Tarix Jabrix.

Kesuksesan yang diraih oleh grup musik dengan brand image yang cukup melekat di benak masyarakat Indonesia dengan celana ketat dan potongan rambut jadul ini pernah turut serta meramaikan Festival Summer Sonic 2015 di Tokyo, Jepang. Mereka menjadikan festival ini sebagai pintu gerbang mengenalkan budaya musik Indonesia pada masyarakat Internasional.

Kini, tak kurang dari 6 album sudah diluncurkan oleh The Changcuters ke pasaran. Grup musik ini juga masih aktif wara-wiri di panggung musik on air maupun off air.

 

Biodata

Nama grup                                        : The Changcuters

Nama personel                                : Mochamad Tria Ramadhani, Muhammad Iqbal, Arlanda Ghazali

Langitan, Dipa Nandastyra Hasibuan, Erick Nindyoastomo

Asal                                                    : Bandung, Indonesia

Genre musik                                    : rock, funk, indie pop, jazz, blues

Tahun aktif                                       : 2004 – sekarang

Perusahaan rekaman                     : Masterplan Records (2005-2006)

Sony Music Entertainment Indonesia (2007 – sekarang)

Website                                               : www.thechangcuters.net

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/The_Changcuters