Bicara Musik

The Brandals
  • By : admin
  • 25 February 2019

The Brandals

The Brandals muncul dalam blantika musik Indonesia melalui jalur indie di awal 2000-an. Keberadaannya bisa dibilang sebagai salah satu band indie besar hingga kini. Nama The Brandals sendiri muncul karena sebagian para personilnya yakni Eka Annsah, Tony Dwi Setiaji, Radhit Syaharzam dan PM Mulyadi yang gemar menonton film bertema gangster.

Di awal pembentukannya, band ini muncul dengan gaya yang tidak lazim bagi sebagian band-band indie lainnya. Mereka menampilkan citra yang meledak-ledak dan kasar ketika berada di atas panggung. Bagi mereka, semua dilakukan sebagai representasi kehidupan Jakarta. Di sisi lain, mereka juga menyuarakan perlawanan untuk bangkit dari kehidupan yang sulit.

Album perdananya yang rilis pada tahun 2003 silam, mencapai penjualan paling laris yakni sekitar 7500 kopi. Ini juga merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam ranah band indie. The Brandals juga pernah mengisi soundtrack untuk film Lovely Luna pada tahun 2004 silam. Perjalanan karir The Brandals tidaklah mulus, sempat gonta-ganti personil dan ditinggal untuk selama-lamanya oleh sang drummer, Rully Annash pada 2015 lalu menjadi catatan tersendiri.

Dalam perayaan dua belas tahun karir bermusik mereka pada 2013 lalu diselenggarakan BRNDLFEST. Pada acara tersebut mereka sempat memutar sebuah film dokumenter garapan Faesal Rizal berjudul Marching Menuju Maut. Setelah itu mereka memutuskan untuk vakum dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Konser Soundsfair Festival 2014 seolah menjadi konser terakhir mereka, terutama dengan Rully Annash yang meninggal setahun kemudian.

Setelah lama tidak terdengar, The Brandals kembali muncul ke permukaan ditandai dengan rilisnya single Retorika pada 22 Desember 2018 lalu. Peluncuran single tersebut juga menandai 17 tahun karir The Brandals dalam permusikan Indonesia. Retorika merupakan single yang beiris tentang kondisi dan situasi poitik Indonesia beberapa tahun belakangan.

Sebelumnya, pada tahun 2016 The Brandals mulai kembali aktif. Saat itu mereka bersama Agrikultur, merilis proyek kompilasi ‘Unrelease Project Vol.1’ dan menghasilkan dua single yakni Classes Society dan Lepaskan dan Lupakan.

 

Biodata

Nama Band         : The Brandals

Personil                : Eka Annsah, Tony Dwi Setiaji, Radhit Syaharzam, PM Mulyadi

Genre                    : Rock and Roll

Asal                       : Jakarta

Tahun Aktif         : 2001 – Sekarang

Label                     : Aksara Records

Website                : –

 

Sources

Detik.com

Vice

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!