Bicara Musik

Skastra
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 25 February 2019

Skastra

Pergerakan seluruh aliran musik di Indonesia memiliki jalannya masing-masing. Ada yang menjadi sangat besar hingga major label berani mengontrak band dengan aliran yang sama secara terus menerus asalkan sesuai dengan selera pasar, ada juga yang tetap bertahan dengan gaya dan penyebaran yang cenderung sama sepanjang waktu. Untuk nomor dua, salah satu aliran yang mengalaminya adalah ska.

Ya, ketika berbicara tentang ska, maka yang paling cepat muncul di benak Sobat Musik ada Tipe-X. Terus siapa lagi? Tenang saja, Skastra sudah ada di barisan terdepan untuk membantu Sobat Musik menggemari ska dari sekarang hingga selamanya.

Skastra adalah band yang terdiri dari tujuh orang: Alduri Asfirna (vokal), Ibrahim Rahman (drum), Rasmana Raga (bas), Adi Ahdiat (gitar), Fazrin Mustakin (gitar), Hanung T. Wibawa (keyboard), Taufiq Alkatiri (trumpet) dan Faris Sutowijoyo (trombon). Band yang didirikan pada tahun 2015 di sebuah kampus ternama di kawasan Depok ini menjadikan ska sebagai jalan bermusik mereka.

“More than ska” adalah tagline yang Skastra pakai dalam menggambarkan musik yang mereka mainkan. Tidak hanya membawa gaya ska, mereka bertujuh juga memboyong unsur jazz agar ada sisi yang berbeda yang bisa ditampilkan. Hal ini tentu saja bisa dibayangkan ketika Tokyo Ska Paradise dan Miceteeth, dua band ska asal Jepang, menjadi percontohan dalam karier bermusik Skastra.

Selama empat tahun bersama, Skastra bisa disebut sebagai band yang produktif. Mereka telah merilis  EP berjudul Renjana pada tahun 2016 dan album bertajuk  Minor 7 pada tahun 2017. Selain itu, single “Rendezvous” menjadi karya terbaru dari Skastra.

Lirik berisi kisah cinta yang manis sekaligus pilu, gitar yang menenangkan dan aksen bunyi-bunyian dari trumpet serta trombon membuat Skastra bukanlah band yang bisa dilewatkan begitu saja. Jika ingin digambarkan, perasaan kalut dan kesibukan yang berputar di sekitar Sobat Musik akan tersapu secara perlahan dengan musik Skastra, layaknya angin semilir pada senja yang dipayungi langit berwarna jingga. Tenang dan terlepas dari masalah.

 

Biodata

Nama Grup                            : Skastra

Nama Personel                     : Alduri Asfirna, Ibrahim Rahman, Rasmana Raga, Adi Ahdiat, Fazrin Mustakin, Hanung T. Wibawa, Taufiq Alkatiri, Faris Sutowijoyo

Asal                                         : Depok

Genre Musik                         : Ska, Jazz

Tahun Aktif                           : 2015 – Sekarang

Perusahaan Rekaman         : Lisan Records

Website                                  : –

Sources

https://www.divertone.com/rilis-single-dan-videorendez-vous-skastra-gelar-release-party/

https://musik.kapanlagi.com/berita/minor-7-album-debut-skastra-yang-penuh-eksplorasi-298a3f.html

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!