Bicara Musik

Sisir Tanah
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 25 February 2019

Sisir Tanah

Bisa dan mau membawakan musik folk di Indonesia adalah salah satu anugerah tersendiri bagi para musisi yang memilih jalan itu. Ketika musisi lain mencoba musik yang lebih keras dan bersemangat, musisi folk ingin membawakan ketenangan dalam melengkapi kehidupan para pendengarnya dalam melepas penat yang ada. Salah satu musisi yang mantap dengan jalan folk adalah Sisir Tanah.

Dibentuk pada tahun 2010 di Bantul, Jogjakarta, Sisir Tanah adalah wadah yang dibuat sendiri oleh Bagus Dwi Danto untuk menjadikan tempat yang tepat untuknya dalam menyalurkan kreativitas dan pemikirannya dalam melihat suatu peristiwa dan membentuknya dalam format lagu.

Walau tidak ingin musiknya ditetapkan dalam satu aliran, semua orang pun mengakui kalau Sisir Tanah membawa musik folk dalam lagu-lagunya. Pada dasarnya, itu adalah sesuatu hal yang terdengar sangat jelas dari lagu-lagunya yang menjadi hits seperti “Lagu Wajib” dan “Lagu Pejalan”.

Meski sudah berdiri sejak awal dekade 2010-an, Sisir Tanah baru merilis album pertamanya pada tahun 2017 dengan tajuk Woh. Melihat album ini, terlihat ada sisi yang berbeda dari karya Bagus Dwi Danto. Barisan judul lagunya pun menarik. Ada “Lagu Bahagia”, “Lagu Romantis”, “Lagu Lelah” dan juga dua lagu yang sudah disebutkan sebelumnya. Ia pun seakan ingin menjelaskan secara gamblang apa yang dia bawakan.

Dari segi namanya sendiri, Bagus Dwi Danto juga membawa pesan khusus. Nama Sisir Tanah diambil dari nama peralatan pertanian yang biasa digunakan untuk mengolah tanah yaitu garu. Sisir Tanah adalah bahasa Indonesia dari garu itu sendiri. Melihat bagaimana keunikan nama hingga judul lagu-lagunya, ia tidak lupa untuk memasukkan pesan khusus dan penting yang ada di dalam lirik lagunya. Optimisme, sarkasme hingga kemarahan terkandung di karyany.

Ketika musik menjadi panggilan jiwa, berjuang sendiri untuk berkembang dan menumpahkan segala hal dari pikiran sekaligus imajinasi ke dalam medium yang bisa didengarkan oleh banyak orang, itu adalah penjelasan yang paling tepat untuk menggambarkan Sisir Tanah.

 

Biodata

Nama Artis                            : Sisir Tanah

Asal                                         : Bantul

Genre Musik                         : Folk, Pop

Tahun Aktif                           : 2010 – Sekarang

Perusahaan Rekaman         : Yayasan Kajian Musik Laras

Website                                  : http://sisirtanah.com/

 

Sources

Whiteboard Journal

Website Band

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!