Bicara Musik

Shaggydog
  • By : admin
  • 25 February 2019

Shaggydog

Mempertahankan eksistensi dan ketenaran selama belasan tahun bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Konflik dari dalam, luar hingga masalah lainnya bisa saja menghantam sebuah band tanpa mengenal waktu. Pada akhirnya, band tersebut harus bubar dengan meninggalkan karya terbaik yang sayangnya tidak bisa dilanjutkan kembali.

Untungnya hal itu tidak berlaku bagi Shaggydog, band asal Jogjakarta yang sudah berumur 22 tahun. Selama mereka bersama, Shaggydog selalu kuat dan bersinar walau era berganti, zaman berubah dan selera musik mengikuti aturan pasar yang tidak tahu siapa yang memulainya.

Heru (vokal), Richard (gitar), Raymond (gitar), Bandizt (bas), Lilik (keyboard), Yoyo (drum) sedari awal selalu membawakan gaya bermusik fusion, dari ska, reggae hingga jazz dengan sisipan pop rock untuk memperluas sasaran pasar yang mereka incar. Melihat perjalanan mereka selama ini, tidak ada yang salah dari Shaggydog.

Shaggydog memiliki karya yang hebat, musik yang konsisten dan para penggemar yang tidak pernah meninggalkan mereka sekali pun. Kekuatan inilah yang sulit didapatkan oleh band-band yang sudah berusia hingga 22 tahun.

Mereka pun termasuk konsisten dalam merilis album. Shaggydog (1999), Bersama (2001), Hot Dogz (2003), Kembali Berdansa (2006), Bersinar (2009), Putra Nusantara (2016) telah Shaggydog dalam usaha mereka untuk bermusik sekaligus mewarnai musik Indonesia dengan alunan ska yang menyenangkan untuk berjoged ria. Tidak salah rasanya menuliskan hal itu karena di setiap konser mereka, para penonton pasti akan bernyanyi bersama-sama, contohnya ketika “Di Sayidan”, “Hey Cantik”  dan “Anjing Kintamani” dimainkan, tiga karya klasik Shaggydog.

Sebagai frontman, Heru juga merupakan salah satu vokalis yang memiliki suara khas. Ketika dia mulai bernyanyi, maka semua akan tahu kalau itu adalah Heru, walau suara itu keluar dari sebuah lagu yang diputar.

Sudah tepat rasanya untuk menobatkan Shaggydog sebagai salah satu legenda musik Indonesia karena sulit untuk menemukan band yang tetap bersatu dan mengeluarkan karya-karya terbaiknya ketika angkatan mereka lebih banyak yang memilih untuk bermain di belakang layar industri musik.

 

Biodata

Nama Grup                            : Shaggydog

Nama Personel                      : Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, Yoyo

Asal                                          : Jogjakarta

Genre Musik                          : Ska, Reggae, Jazz, Pop Rock

Tahun Aktif                            : 1997 – Sekarang

Perusahaan Rekaman          : Doggyhouse Records

Website                                   : http://www.shaggydogjogja.com/web/

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Shaggydog

https://musik.kapanlagi.com/berita/perjalanan-karir-shaggydog-awalnya-cuma-tampil-di-agustusan-11ee35.html