Bicara Musik

Seringai
  • By : admin
  • 25 February 2019

Seringai

Usiaku tak bertambah muda

Tapi sikapku menolak tua

Energiku Oktan Tinggi..!

 

Itulah penggalan lirik lagu berjudul Alkohol dari Seringai. Ya, semangat dan energi muda di usia yang tak lagi muda itulah yang terus ada dalam diri Arian 13, Ricky Sihaan, Edy Khemod, dan Sammy Bramantyo setiap kali tampil dihadapan para fansnya. Mengusung genre heavy metal dan stoner rock, Seringai menjadi band metal yang produktif di Indonesia hingga saat ini.

Seringai terbentuk pada 2002 lalu bermula dari bubarnya band sang vokalis Arian 13, Puppen. Kemudian Arian mengajak Ricky Siahaan (gitaris Stepforward) serta Edy Khemod yang merupakan sahabat lama untuk membentuk band  oktan tinggi. Kemudian ada nama Toan dari band hardcore Fall yang bergabung untuk mengisi posisi pemain bass. Namun, posisi Toan kemudian digantikan oleh Sammy Bramantyo pada tahun 2004.

Tahun 2003 menjadi tonggak Seringai masuk rekaman dengan dua lagu andalan Puritan dan Membakar Jakarta. Kemudian pada tahun 2004 merilis album ‘High Octane Rock’ dalam format kaset tape lewat label mereka sendiri, Parau. Memasuki tahun 2007, Seringai kembali merilis album barunya bertajuk ‘Serigala Militia’. Setelah lima tahun vakum tidak merilis album, barulah pada 2012 album baru ‘Taring’ dirilis untuk para fans mereka, Serigala Militia. Untuk mengabadikan perjalanan bermusik mereka, sebuah DVD dokumenter pun dibuat dengan judul ‘Generasi Menolak Tua’ yang disutradarai oleh Sammy Bramantyo.

Tampil sebagai pembuka pada konser Metallica 2013 lalu, menambah citra Seringai sebagai band metal yang patut diperhitungkan. Selain sebagai pembuka konser Metallica, Seringai pernah mendapatkan penghargaan Hardcore Terbaik AMI Awards. Bahkan direncanakan pada 20 April 2019 mendatang, Seringai tampil dalam acara Everloud Fest III di Tokyo, Jepang.

Tidak hanya itu saja, tanpa mengesampingkan peran personil lainnya, pengalaman sebagai jurnalis Arian 13 (Majalah Trax) dan Ricky Siahaan (Rolling Stones Indonesia) membuat lirik lagu-lagu Seringai yang bernada kritik sosial semakin terasa berkualitas. Hal ini bisa dilihat dalam penggalan-penggalan liriknya dalam album terbaru mereka ‘Seperti Api’ yang rilis Juli 2018 lalu.

 

Biodata

Nama Band         : Seringai

Personil                : Arian13, Ricky Siahaan, Sammy Bramantyo, Edy Khemod

Genre                    : Heavy Metal

Asal                       : Jakarta

Tahun Aktif         : 2002- Sekarang

Label                     : High Octane Production

Website                 : Seringai.com

 

Sources

https://hot.detik.com/music/d-4358984/seringai-bakal-tampil-di-jepang-april-2019

https://www.beritasatu.com/musik/133759-metallica-pilih-seringai-sebagai-band-pembuka.html