Bicara Musik

Sandrayati Fay
  • By : admin
  • 24 August 2021

Sandrayati Fay

Memiliki keturunan darah Filipina dari ibu dan darah Amerika-Irlandia dari ayah tidak membuat Sandrayati Fay lupa dengan Indonesia. Lahir pada tanggal 19 Maret 1994, Sandrayati Fay sempat tinggal beberapa tahun di Bali. Ia juga menetap di Reykjavik, Islandia untuk mempersiapkan album solo debutnya. Dalam bermusik, Sandrayati Fay selalu menghadirkan campuran budaya yang unik kepada pendengarnya. EP live pertama Sandrayati Fay yang berjudul Bahasa Hati dirilis secara independen pada tahun 2017. Bahasa Hati berisi rekaman live performance pada sore hari di Bali, dengan menghadirkan suasana pegununungan tempat di mana ia besar.

Di tahun yang sama, Sandrayati Fay bergabung dalam suatu proyek yang bernama Daramuda. Proyek ini diisi oleh dua musisi lain, yaitu Rara Sekar dan Danilla Riyadi. Daramuda dibentuk karena ketiga anggota memiliki aliran musik yang serupa, mendekati folk. Bersama Daramuda, Sandrayati Fay berhasil menghadirkan album yang berjudul Salam Kenal (2019). Daramuda pun bubar pada tanggal 8 April 2020 dan mengeluarkan EP Pertigaan.

Sandrayati Fay gemar mengekspresikan kecintaannya pada alam lewat musiknya. Di bulan April 2021, ia merilis lagu “Song for Berta” yang didedikasikan kepada Berta Caceres, sang aktivis lingkungan asal Honduras. Selain itu, Sandrayati Fay sempat bekerja sama dengan Samdhana, yaitu organisasi yang berfokus pada hak-hak masyarakat, lingkungan, dan adat di seluruh Asia Tenggara.

Beberapa musisi legendaris Indonesia turut menggandeng Sandrayati Fay dalam perilisan musik mereka. Di tahun 2012, Nosstress merekam penampilan lagu “Kita” bersama Sandrayati Fay di Antida Studio, Bali. Selain itu, Sandrayati Fay juga hadir di dalam lagu Iwan Fals yang berjudul “16/01”, dirilis pada tanggal 30 Juli 2021. Kolaborasi tersebut tentunya bukan pertemuan pertama mereka. Sandrayati Fay dan Iwan Fals sudah pernah bertemu pada tahun 2016 di Situs Budaya, yaitu konser digelar oleh Iwan Fals sendiri.

 

BIODATA

Nama Musisi                 : Sandrayati Fay

Asal                                 : Bali

Genre Musik                 : Folk

Tahun Aktif                   : 2016 – Sekarang

Label Rekaman            : Sandrayati Fay Music

 

Source :

Spotify

Kuyou

Pophariini

Jangan sampai ketinggalan profil artis lainnya, ya!