Bicara Musik

Rara Sekar
  • By : admin
  • 8 July 2021

Rara Sekar

Telah berkarya di dunia musik Indonesia sejak lama, Rara Sekar merupakan seorang musisi berbakat asal Bandung kelahiran 7 Juni 1990. Ia telah menempuh bangku kuliah di Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional. Dengan bakat dan passion-nya, di bulan Juni 2018 ia berhasil mendapatkan beasiswa magister di Victoria University of Wellington, New Zealand jurusan Antropologi Budaya.

Sudah banyak proyek musik yang dihasilkan oleh Rara Sekar, salah satunya adalah Banda Neira yang dilakukan bersama Ananda Badudu. Proyek Banda Neira dimulai pada tahun 2012, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bubar pada tanggal 23 Desember 2016. Keduanya mengumumkan hal ini lewat akun Instagram mereka, mengungkapkan bahwa sudah setahun lamanya mereka memutuskan untuk bubar. Awalnya, proyek ini dilakukan oleh Rara dan Ananda secara nekat. Dan ternyata, respons yang didapat dari para pendengarnya sangat luar biasa. Saat itu, Banda Neira berhasil menghasilkan 2 album, yaitu Berjalan Lebih Jauh dan Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti bersama 2 EP yang berjudul “Di Paruh Waktu” dan “Kita Sama-Sama Suka Hujan” sebagai mini album konser.

Di tahun 2017, Rara Sekar kemudian memulai proyek baru bersama Danilla Riyadi dan Sandrayati Fay. Proyek ini bernama Daramuda dan dimulai pada bulan Maret 2017. Mereka berniat untuk melakukan proyek ini sebagai saluran sisi santai mereka saat menjadi musisi. Mereka tidak peduli berapa banyak penjualan yang didapat dan apa saja respons dari para pendengarnya.

Di tahun 2019, Daramuda merilis album yang berjudul “Salam Kenal” Album ini berisi 7 lagu, dimana salah satu lagunya dinyanyikan bersama dan sisanya diisi dengan vokal masing-masing anggota. Lalu pada tanggal 2 April 2020, mereka merilis EP yang berjudul “Pertigaan“, dimana ketiga lagu di dalamnya dinyanyikan oleh mereka semua.

Kemudian, melalui akun Instagram, mereka mengumumkan bahwa Daramuda harus berakhir pad tanggal 9 April 2020. Lagu “Selamat Tinggal” pun menjadi karya terakhir yang diberikan untuk para penggemarnya.

Hindia pun sempat mengajak Rara Sekar untuk berkolaborasi. Hasil kolaborasi tersebut hadir di dalam lagu “Membasuh” yang dirilis pada tahun 2019.

Pada bulan Juni 2021, Rara Sekar berhasil merilis EP Kenduri” dengan nama proyek hara. EP ini ia tulis di masa-masa awal pandemi Covid-19 saat lockdown.

 

BIODATA

Nama Musisi                         : Rara Sekar

Asal                                         : Bandung

Genre Musik                         : Pop, folk

Tahun Aktif                           : 2012 – Sekarang

Label Rekaman                    : Sorge Records Records (2012 – 2016), Idola Remaja Records (2017 – 2020)

 

Source:

Wikipedia

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!