Bicara Musik

RAMENGVRL
  • By : admin
  • 25 February 2019

RAMENGVRL

Kalau berbicara tentang dunia musik hip-hop, rasanya rapper pria telah menguasai aliran ini sejak dahulu kala. Dimulai dari KRS-One, Rakim, Wu-Tang Clan, Tupac, Notorious B.I.G., Jay-Z, Kanye West, hingga Travis Scott serta Drake. Rapper pria terus mendominasi aliran ini tanpa terkecuali. Ketika ada rapper wanita pun, karya mereka hanya menjadi pemecah kebosanan dari barisan rapper pria yang ada di pasar musik saat itu.

Namun, seiring berjalannya waktu, rapper wanita terus berevolusi sehingga sukses naik ke tangga teratas hip-hop. Di Amerika Serikat, tempat lahirnya hip-hop, pergerakan dari Nicki Minaj dan Cardi B membuat rapper wanita kembali dilirik. Tidak hanya di Amerika Serikat, bumi pertiwi tercinta ini juga memiliki rapper wanita yang sangat layak untuk didengarkan. Dia adalah Putri Soeharto atau biasa dikenal dengan nama panggung Ramengvrl.

Ramengvrl sukses memperkenalkan karyanya pertama kali pada tahun 2016 silam. Dengan single I’m Da Man, Ramengvrl langsung mencuri perhatian para pencinta hip-hop di Indonesia yang tentunya merasa senang melihat ada rapper wanita yang biasa memberikan karya terbaik setelah selama ini terhitung sangat sedikit ada wanita yang sukses menjadi rapper di sini.

Dengan flow yang berbeda daripada rapper lainnya dan produksi beat yang mulus, Ramengvrl bukanlah rapper yang bisa dipandang sebelah mata. Kalau membutuhkan representasi lima rapper terbaik di Indonesia dengan karya yang bisa menarik selera musik Sobat Musik, maka Ramengvrl akan masuk di daftar tersebut tanpa ada keraguan sedikit pun.

Decide adalah lagu kolaborasi antara Dipha Barus dengan tiga rapper lainnya, A. Nayaka, Matter Mos dan termasuk Ramengvrl yang membuat namanya semakin naik. Buktinya, mereka berempat berhasil mendapatkan penghargaan Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2018.

Selain persoalan kemampuannya dalam memberikan flow terbaiknya, Ramengvrl juga memberikan tampilan fashion yang menarik mata dan membuat orang yang belum mengenalnya akan langsung memperhatikannya lebih saksama di atas panggung. Jika Sobat Musik belum mengenal Ramengvrl dan ingin mendengar salah satu lagunya, maka CA$HMERE adalah anak tangga pertama yang wajib dipijak untuk mendapatkan pengalaman pertama yang mengesankan dari perjalanan karier Ramengvrl.

 

Biodata

Nama Artis                      : Ramengvrl

Asal                                   : Jakarta

Genre Musik                   : Hip-Hop, R&B

Tahun Aktif                     : 2016 – Sekarang

Perusahaan Rekaman   : Underground Bizniz Club, Juni Records

Website                            :

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Ramengvrl

https://www.vice.com/id_id/article/vbbb89/ramengvrl-meroket-di-kancah-hip-hop-indonesia-tapi-ogah-disebut-rapper

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!