Bicara Musik

Pure Saturday
  • By : admin
  • 25 February 2019

Pure Saturday

Berawal di tahun 1994, Suar, Aditya, Yudistira, Ade, dan Arief membentuk sekumpulan anak muda Bandung yang hobi nge-band sembari menunggu hasil ujian. Tempat latihan mereka pun juga tak jauh-jauh dari rumah Suar, yaitu di sebuah gudang rumah yang merupakan bekas pabrik gitar. Tempat ini menjadi saksi Pure Saturday di awal-awal terbentuknya selama melakukan latihan dan membuat lagu.

Nama Pure Saturday sendiri merujuk pada hari Sabtu di mana mereka sering melakukan latihan dari pagi hingga menjelang subuh. Jadi, hari Sabtu murni menjadi hari kerja mereka membangun band. Musik yang sederhana dengan lirik lagu yang mengusung tema sosial, mampu membawa Pure Saturday memenangi Festival Musik Unplugged se-Jawa dan DKI Jakarta di tahun 1994 sebagai juara pertama kategori umum.

Pada 1996, Pure Saturday merilis album perdana berjudul Pure Saturday yang berhasil terjual 5000 kopi. Album yang awalnya dikerjakan secara indie ini kemudian ditawar untuk dilakukan proses rekaman dengan label musik CeePee Production. Dari delapan lagu yang ada dalam album tersebut, lagu Kosong terpilih untuk dibuat versi video klipnya. Selanjutnya, seperti yang sudah bisa ditebak, Pure Saturday semakin dikenal di kalangan penikmat musik.

Musik slow namun gahar mlik Pure Saturday sangat berbeda dengan musik-musik keras yang sedang menjadi tren pada tahun itu. Namun, hal tersebut lah yang menarik minat orang untuk mendengarkan Pure Saturday. Bahkan Pure Saturday menjadi pelopor lahirnya grup musik pop indie lainnya.

Terakhir meluncurkan album di tahun 1999 serta sempat ditinggal oleh sang vokalis, Suar Nasution, di tahun 2004, membuat Pure Saturday vakum dalam rentang waktu tersebut. Di tahun 2005, dengan posisi vokal yang sudah diisi olej Satrio, mantan manajer band, Pure Saturday merilis album Elora. Selanjutnya ada album berjudul Time for A Change..Time to Move On pada tahun 2007 serta Grey di 2012.

Time for A Change..Time to Move On merupakan kumpulan lagu yang menjadi sebuah dokumentasi perjalanan panjang yang dialami oleh Pure Saturday semenjak awal berdiri, mengalami pasang surut, dan tetap bertahan hingga saat ini. Album ini juga seakan menjadi cerita, sebuah era Pure Saturday.

 

Biodata

Nama grup                                 : Pure Saturday

Nama personel                          : Aditya Ardinugraha, Yudistira Ardinugraha, Ade Purnama, Arief Hamdani, Satrio N.B.

Asal                                              : Bandung, Indonesia

Genre musik                              : indie pop

Tahun aktif                                : 1996-1999, 2005-sekarang

Perusahaan rekaman              : Lil’fish Records

Website                                      : pure-saturday.com

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Pure_Saturday