Bicara Musik

Potret
  • By : admin
  • 25 February 2019

Potret

Bagi generasi yang dibesarkan di era pertengahan 1990-an, nama band Potret tentunya sudah tidak asing lagi. Salah satu keunikan band ini adalah mengusung vokalis perempuan yang terinspirasi The Cranberries. Hal ini begitu unik karena jarang dilakukan oleh kebanyakan band Indonesia saat itu.

Berawal dari tiga orang, yakni Melly Goeslaw, Anto Hoed, dan Arie Ayunier (belakangan nama Arie Ayunier mundur dan posisinya digantikan oleh Aksan Sjuman, mantan drummer Dewa 19), mereka sepakat untuk membuat sebuah band. Namun, masih belum terbesit apa nama yang pas untuk band baru ini. Nama Potret diambil ketika mereka melihat sebuah foto yang dibingkai secara tidak sengaja.

Album pertama mereka bertajuk Potret yang rilis pada tahun 1995 menelurkan dua single andalan, yakni Terbujuk dan Angan-Angan Cinta. Di album pertama ini mereka belum begitu laku keras dan kurang booming. Barulah ketika memasuki peluncuran album kedua Potret II di tahun 1997, perlahan pesona mereka mulai mendapat tempat di kalangan penikmat musik tanah air. Lewat album inilah nama Potret kemudian melejit lewat single Bunda yang masih banyak dinyanyikan oleh banyak musisi Indonesia hingga kini. Memasuki masa sulit pada tahun 1998 di Indonesia, mereka kembali menelurkan album baru berjudul Cafe. Situasi yang tidak menentu ini diakui oleh Melly sang vokalis, kondisi tersebut ikut berpengaruh terhadap musik grup ini ke depannya.

Setelah vakum selama tiga tahun, Potret kembali menyapa penggemarnya lewat lagu Do It (baca Duit) pada 2001. Seperti namanya, lagu ini banyak menceritakan tentang pentingnya uang dalam hdup. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan peluncuran album keempatnya, The Best of Potret, From Dawn to Beyond. Seolah mengulang kesuksesannya kembali, mereka mengeluarkan album Positive+POSITIVE pada 2003 lalu dan album terbaru mereka ‘I Just Wanna Say I L U’ dirilis pada 2008 lalu.

Pada 2015 lalu, Potret kembali hadir dengan formasi lima orang. Selain tiga personel utama, juga ada nama Nikita Dompas pada gitar dan Mery Kasiman pada keyboard. Meskipun belakangan band ini jarang tampil karena kesibukan masing-masing anggotanya, Melly mengaku band ini tidak bubar atau vakum.

 

BIODATA

Nama Band         : Potret

Personel               : Melly Goeslaw, Anto Hoed, Aksan Sjuman

Genre                    : Pop Rock, Alternatif

Asal                       : Jakarta

Tahun Aktif         : 1995 – Sekarang

Label                     : Aquarius Musikindo

Website                : –

 

Sources

CNN Indonesia

Kapan Lagi

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!