Bicara Musik

Polka Wars
  • By : admin
  • 25 February 2019

Polka Wars

Grup musik yang digawangi oleh cowok-cowok berusia 20-an ini berhasil memikat para hipster milenial dengan musik rock penuh aura dan estetika indie mereka. Sound yang mereka bawakan merujuk pada global post-funk, afro pop, electro, dan folk modern.

Lagu pertama yang mereka ciptakan berjudul Sanctuary, menceritakan tentang tempat perlindungan yang banyak didambakan oleh orang untuk masa depannya masing-masing. Namun, lagu pertama yang direkam dan diedarkan di pasaran adalah Coraline, sebuah single yang menceritakan tentang tujuan hidup yang dipersonifikasikan dalam sesosok wanita. Single ini dilepas gratis untuk para pendengar melalui internet.

Di tahun-tahun awal terbentuknya Polka Wars, mereka sudah didapuk menjadi band opening untuk konser Yeah Yeah Yeahs, sebuah band asal Amerika Serikat, di Love Garage 2013. Tentunya ini merupakan sebuah pencapaian sendiri bagi mereka. Panggung-panggung lainnya pun tak lepas dijajal oleh Polka Wars. Misalnya saja Joyland Festival 2013 dan Local Fest. Polka Wars juga menjadi salah satu dari lima band Asia yang patut disimak penampilannya versi surat kabar di Hong Kong.

Polka Wars merilis album studio berjudul Axis Mundi pada 2015 yang membawa mereka mendapat penghargaan Young Guns dari Majalah Rolling Stones Indonesia. Beberapa waktu setelah pembuatan album tersebut, grup musik bergenre indie rock ini memenangkan Rubber Tracks, sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Converse. Mereka kemudian mendapat kesempatan merekam materi album di Converse Rubber Tracks Studio, New York selama empat hari. Hasil dari rekaman materi Polka Wars di New York selajutnya dirilis menjadi sebuah album mini bertajuk EPNY di tahun 2017.

Masih di tahun 2017, Polka Wars mengeluarkan single berbahasa Indonesia pertama mereka berjudul Rangkum. Tak butuh waktu lama bagi lagu ini mendapat penghargaan dari Rolling Stones Indonesia sebagai lagu terbaik tahun 2017. Melalui single tersebut, Polka Wars bercerita tentang kematian yang digambarkan secara metafora.

 

Biodata

Nama grup                          : Polka Wars

Nama personel                   : Karaeng Adjie, Billy Aulia Saleh, Xandega Tahajuansya, Giovanni Rahmadeva

Asal                                       : Jakarta, Indonesia

Genre musik                       : indie rock

Tahun aktif                         : 2011 – sekarang

Perusahaan rekaman        : VMC Musik, Helat Tubruk, Demajors

Website                                : –

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Polka_Wars

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180430160118-227-294712/polka-wars-kian-dewasa-lewat-lirik-bahasa-indonesia

https://www.vice.com/id_id/article/kbwwxy/polka-wars-dari-band-hardcore-sekolah-islami-menjadi-mimpi-basah-hipster-indonesia

http://www.lorongmusik.com/2017/03/biography-polka-wars.html