Bicara Musik

Pijar
  • By : admin
  • 25 February 2019

Pijar

Selama ini, dalam dunia industri musik tanah air, kota Medan kerap dipandang sebelah mata. Sangat jarang grup band dari tanah Batak ini kita dengar. Namun, berbeda halnya dengan tiga orang pemuda yakni Alfredo (vokal, gitar), Ican (gitar), dan Aul (drum) yang mencoba menekuni karir bermusik di jalur indie. Berbekal konsistensi dan kerja keras mereka, akhirnya lahirlah band bernama Pijar. Namanya sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Pefection, Imagination, Joy, Ambition, dan Required. Sejak terbentuk pada 2013 lalu, mereka bertiga mengusung genre post-punk dan britrock yang mungkin terdengar unik di telinga pecinta musik Indonesia.

Demi menggapai masa depan dalam dunia musik, Pijar pun nekat hijrah ke Jakarta, tepatnya pada tahun 2015. Perlahan tapi pasti, di ibu kota inilah mereka satu per satu mulai merancang strategi bermusik dan sukses menelurkan tiga buah album. Album tersebut antara lain adalah Exposure, The Sound Youth, dan Selatan. Tidak ketinggalan sebuah mini album bertajuk Ekstase. Dalam tiap lagunya, band ini mencoba menggabungkan musik bernada new wave era 1980-an dan musik era 2000-an sehingga memunculkan ciri yang khas dan unik. Jenis musik inilah yang konsisten mereka pilih di era saat ini di mana genre musik elektronik (EDM) merajai industri musik dunia maupun tanah air.

Tahun 2017 lalu juga menjadi ajang pembuktian dari Pijar. Pada tahun tersebut, mereka kembali merilis single terbarunya berjudul Tropis yang diproduseri oleh Randy Nidji dan Nara Mjolnir. Lagu ini sendiri terinspirasi dari orang-orang yang terlalu fokus bekerja dan susah untuk menikmati liburan. Masih pada tahun yang sama, Pijar juga sukses menggelar tur promosi mini album terbaru mereka di Jawa dan Bali. Beberapa kota yang pernah mereka sambangi dalam tur bertajuk ‘Ekstase Tour’ ini antara lain Surabaya, Bali, Malang, Semarang, hingga Jogjakarta.

Dari Pijar-lah insan musik di Indonesia bisa belajar, terutama bagi yang ingin masuk jalur indie agar tidak mudah menyerah. Dalam industri musik indie, memang semua butuh waktu dan biaya yang tak sedikit, tetapi dengan kerja keras dan konsistensi semuanya dapat terbayar lunas dan akan berpijar pada waktunya.

 

Biodata

Nama Band         : Pijar

Personil                : Alfredo, Ican, Aul

Genre                    : Post Punk, Britrock

Asal                       : Medan

Tahun Aktif         : 2013 – Sekarang

Label                     : Orca Music

Website                 : –

 

Sources

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20170911162347-227-240966/cerita-pijar-merajut-asa-dari-medan-hingga-jakarta

http://hiburan.dreamers.id/article/66045/pijar-band-indie-aliran-britrock-asal-medan-yang-tolak-ikuti-arus-musik-edm

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!