Bicara Musik

PAYUNG TEDUH
  • By : admin
  • 17 December 2018

PAYUNG TEDUH

Payung Teduh dikenal sebagai band indie yang beraliran folk, keroncong dan jazz yang terbentuk pada akhir 2007 dengan formasi awal Muhammad Istiqomah Djamad (Is) sebagai vokalis dan Comi Aziz Kariko (Comi) sebagai kontra bassist. Kemudian pada tahun 2008, Payung Teduh mengajak Alejandro Saksakame (Cito) untuk bergabung bersama sebagai drummer lalu mengajak Ivan Penwyn (Ivan) sebagai pemain gitarlele dan pemain terompet pada tahun 2010.

Payung teduh kemudian merilis lagu Angin Pujaan Hujan yang kemudian jadi lagu yang memunculkan warna mereka. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu Payung Teduh menciptakan lagu-lagu lain seperti Kucari Kamu, Amy, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, juga termasuk karya-karya dari pementasan teater bersama Catur Ari Wibowo seperti Resah, Cerita tentang Gunung dan Laut, serta karya Amalia Puri yang berjudul Tidurlah dan Malam. Pada akhirnya Payung Teduh memutuskan untuk membuat album indie pertamanya yang dirilis di penghujung 2010 dengan judul album “Payung Teduh”.

Kemudian tiga tahun setelah merilis album pertama, Payung Teduh kembali merilis album studio kedua mereka dengan judul Dunia Batas dengan label Ivy League Music. Album Dunia Batas bersisi 8 lagu yaitu Berdua Saja, Menuju Senja, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, Rahasia, Angin Pujaan Hujan, Di ujung Malam, Resah dan Biarkan.

Pada tahun 2015, Payung Teduh merilis lagu berjudul Masa Kecilku dan pada tahun 2016, Payung teduh kembali merilis album yang berjudul Live and Loud.

Pada tahun 2017, Payung Teduh kembali merilis single berjudul “Akad” dan merilis album berjudul Ruang Tunggu. Lagu “Akad” kini dan album terbarunya sedang viral di dunia maya. Banyak pula orang yang mengcover lagu “Akad”. Setelah merilis album terbarunya, Is dan Comi memilih hengkang dari Payung Teduh.

Dengan formasi baru yang sekarang, Payung Teduh berhasil go international. Terbukti dengan diputarnya lagu terbaru Payung Teduh yang berjudul “Sebuah Lagu” di after credit film Disney yang berjudul Wreck It Ralph 2. Lagu ini dinyanyikan vokalis wanita bernama Marsha.

Hingga saat ini Payung Teduh telah mengeluarkan lima album yaitu :

  • Payung Teduh(2010)
  • Dunia Batas (2012)
  • Live and Loud (2016)
  • Ruang Tunggu (2017)

Mendengar Suara (2018)


Biodata

Nama                                      : Payung Teduh

Nama Anggota                       : Muhammad Istiqomah Djamad (vokalis lama), Alejandro

Saksakame, Comi Aziz Kariko, Ivan Penwyn, Marsha

Genre Musik                           : Jazz, Pop, RnB, Swing

Tahun Aktif                             : 2007 – sekarang

Perusahaan Rekaman             : Ivy League Music

Fanbase                                  : –

Website                                  : –


Source :

https://id.wikipedia.org/wiki/Payung_Teduh

http://jatim.tribunnews.com/2018/11/24/lagu-sebuah-lagu-payung-teduh-diputar-di-akhir-credit-title-wreck-it-ralph-2-ini-liriknya