Bicara Musik

Pamungkas
  • By : admin
  • 25 February 2019

Pamungkas

Musisi solo pria yang baru-baru ini meramaikan musik tanah air dengan merilis album Walk the Talk ini mengusung genre folk pop yang dipengaruhi oleh musik British. Inspirasinya adalah The Beach Boys, The Beatles, Radiohead, Arctic Monkeys, dan The Smiths. Album Walk the Talk diproduksi secara independen di bawah label rekaman Pam Record. Selain seorang penyanyi, solois berkacamata ini juga merupakan seorang penulis lagu sekaligus produser untuk semua musiknya.

Pamungkas mulai bersinggungan dengan musik pada umur delapan tahun dengan mempelajari alat musik drum. Selanjutnya, Pams, sapaan akrabnya, belajar piano dan gitar secara otodidak sebelum akhirnya menjajal kemampuan lain di bidang tarik suara dan produksi lagu.

Gaya bermusik Pamungkas merupakan style yang ia buat sendiri dengan menggabungkan kekayaan musik elektronik, folk, dan pop. Semua itu dipadukan dengan suaranya yang jernih, powerful, serta lembut sehingga terciptalah dimensi suara baru yang fresh. Melalui lirik-lirik lagu yang ada dalam album Walk the Talk, Pamungkas bercerita tentang pemikiran dan pandangannya mengenai kehidupan, percintaan, pertemanan, dan yang paling utama, perkembangan dirinya sendiri.

Kiprah Pamungkas di industri musik Indonesia sebenarnya sudah mulai lebih awal semenjak belum merilis album Walk the Talk. Di tahun 2009, Pamungkas yang masih bergabung dalam grup band Potenzio merilis album bertajuk Jingga dengan single utama bertajuk Twitter Dunia.

Bicara tentang Walk the Talk, sebenarnya album ini sudah pernah dirilis pada tahun 2017 dengan komposisi sepuluh lagu di dalamnya. Kemudian, di tahun 2018, album ini diluncurkan ulang dengan adanya tambahan enam lagu baru. Meski begitu, Pamungkas memberi desain cover baru di album yang dilepas pada tahun 2018.

Mayoritas lagu yang ada di Walk the Talk menggunakan Bahasa Inggris karena dimaksudkan agar bisa diterima dan bersaing di pasar global. Namun, ada juga tiga lagu berbahasa Indonesia yang diberi judul Monolog, Jejak, dan Kenangan Manis.

Dengan album Walk the Talk, Pamungkas ingin membawa pesan kepada pendengar bahwa bagaimana pun kehidupan percintaan yang dialami oleh setiap orang, hal itu akan membawa pada proses eksplorasi diri, revolusi hidup, perbaikan hati, serta pendewasaan yang membuat setiap manusia menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi hidup.

Setahun kemudian, Pamungkas merilis album baru bertajuk Flying Solo. Bali menjadi saksi proses penulisan beberapa lagu miliknya. Total lagu dalam album ada sebelas, yaitu Intro IIIModern LoveFlying SoloThe Retirement Of UBreak ItIntro IVTo The BoneNice DayLover StayUntitled dan Outro I. Setelah rilis, Pamungkas menggelar tur Pulau Jawa di lima kota, dimulai dari Malang hingga Bandung.

Flying Solo cukup menaikkan nama Pamungkas di ranah musik tanah air. Maka, Pamungkas pun memberikan persembahan menarik bagi para penggemar untuk menyelesaikan era emasnya itu. Ia menggelar konser virtual bertajuk The End of Flying Solo Era sebagai pengganti batalnya konser mancanegara akibat pandemi. Pamungkas pun tak lupa untuk mengunggah penampilannya dengan orkestra pengiring, ThePeoplePeople dalam sebuah album di platform musik digital.

Kendati demikian, ia tetap lanjut bersinar dengan album terbaru yakni Solipsism. Ia mengakui bahwa album ini bercerita tentang ide dan sudut pandangnya, karena kini hidup di zaman modern yang tiap orangnya punya pandangan sendiri terhadap apapun. Pamungkas pun menggarap Solipsism secara mandiri selama masa pandemi.

 

Biodata

Nama                                           : Rizky Pamungkas

Asal                                              : Jakarta, Indonesia

Genre musik                              : pop alternative / folk pop

Tahun aktif                                : 2009-sekarang

Perusahaan rekaman              : Mas Pam Record

Website                                      : https://pamungkasmusic.com/

 

Sources

https://pamungkasmusic.com/about/

https://www.kompasiana.com/gatot_tri/5b56fb7ebde57517603515c2/walk-the-talk-dari-pamungkas-buat-kita-terus-bergerak

https://qubicle.id/story/walk-the-talk-debut-album-dari-pendatang-baru-pamungkas

https://hai.grid.id/read/072214130/digarap-sendiri-selama-pandemi-pamungkas-rilis-album-solipsism?page=all

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!