Bicara Musik

Padi
  • By : admin
  • 25 February 2019

Padi

Padi merupakan salah satu band legendaris Indonesia yang masih eksis hingga kini. Kemunculan band yang dipunggawai oleh Ari (gitar), Yoyo (drum), Rindra (bas), Fadly (vokal), dan Piyu (gitar) ini sempat membuat gempar belantika musik Indonesia di penghujung tahun 1990-an lewat single Sobat.

Kehadiran Padi sering dianggap sebagai warna baru dalam bermusik dengan genre pop-rock-kreatif. Banyak orang melihat di awal kemunculannya, band asal Surabaya ini cenderung berkiblat pada U2 dan Radiohead. Sebelum berganti nama menjadi Padi, band ini dulunya bernama Soda yang dibentuk pada tahun 1997 dan beranggotakan lima mahasiswa Universitas Airlangga.

Setelah kesuksesan lagu Sobat, Padi pun merilis album pertamanya bertajuk Lain Dunia di tahun 1999 yang mendapatkan platinum di bulan April 2000 dan quadraple platinum setahun kemudian. Pada tahun 2001, Padi kembali meluncurkan album keduanya, Sesuatu yang Tertunda, yang dinobatkan sebagai salah satu album terbaik tanah air hingga kini.

Album ketiga Padi berjudul Save My Soul rilis pada 2003 dan di album inilah mereka mencoba duet dengan musisi kawakan lain seperti Iwan Fals dan beberapa musisi lainnya. Setelah vakum cukup lama, mereka kembali meluncurkan album baru Tak Hanya Diam’ Peluncurannya sangat unik, yakni dengan manggung di atas geladak KRI Teluk Mandar 514 di perairan teluk Jakarta. Di album ini mereka juga mengubah logo band.

Selepas album ini, Padi memutuskan untuk rehat dalam waktu lama, yakni sekitar tujuh tahun. Barulah pada tahun 2018 lalu mereka kembali berkarir dan memutuskan menggunakan nama Padi Reborn. Kehadiran kembali mereka di kancah musik tanah air dikarenakan masih memiliki visi yang sama. Selama berkarir, Padi yang kini dikenal dengan Padi Reborn telah banyak menelurkan lagu hits. Lagu-lagu seperti Kasih Tak Sampai, Sobat, Begitu Indah, Menanti Keajaiban, dan Hitam menjadi andalan dan selalu ramai dinyanyikan di setiap pertunjukkan.

Kesuksesan Padi tidak lantas membuat mereka tinggi hati, dan inilah semangat yang mereka usung dengan filosofi ilmu padinya. Semakin berisi semakin merunduk.

 

Biodata

Nama Band         : Padi (sekarang Padi Reborn)

Personil                 : Ari, Rindra, Yoyo, Piyu, Fadly

Genre                      : Pop Rock, Alternatif

Asal                          : Surabaya

Tahun Aktif         : 1997 – Sekarang

Label                       : Sony Music Indonesia

Website                 : http://www.sobatpadi.net/

 

Sources

https://entertainment.kompas.com/read/2018/09/06/110300210/5-lagu-yang-dinobatkan-sebagai-karya-agung-padi-reborn

https://id.wikipedia.org/wiki/Padi_(grup_musik)