Bicara Musik

Nadya Fatira
  • By : admin
  • 10 August 2020

Nadya Fatira

Solois ini memiliki suara yang lembut, sering terdengar dalam berbagai soundtrack film di Indonesia. Siapakah dia? Ia adalah Nadya Fatira, perempuan berzodiak Pisces ini mulai mengawali karir di industri musik sejak rilis album perdananya bertajuk My Story pada tahun 2010. Lalu, namanya kian dikenal banyak orang ketika lagu Go Away ia luncurkan. Sebelum aktif bermusik, Nadya pernah menjadi seorang reporter musik dan reporter fesyen pada majalah ANEKA Yess! dan Trax Magazine.

Sampai kemudian, Nadya bergabung dengan grup musik Inspirational Joni. Ia menjadi vokalis di sana selama empat tahun sebelum memutuskan untuk solo karir. Awalnya, niat Nadya ingin menjadi penulis lagu saja dan menjual karyanya pada produser. Namun, usaha Nadya berbuah manis karena ia juga diajak sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu.

Selain bernyanyi, Nadya juga bisa memainkan instrumen musik yakni gitar. Ketertarikannya pada musik sejak masih di bangku sekolah dasar. Saat berusia sembilan tahun, ia mulai mengenal dan mempelajari gitar dan kibor. Kegemarannya terus berkembang hingga beberapa kali memenangkan lomba menyanyi tingkat sekolah dan sering mengisi acara di berbagai panggung.

Mulai tahun 2012, Nadya mulai menjadi komposer untuk musisi lain, dan mengisi soundtrack film. Pertama kali, Nadya menciptakan Jangan Dulu yang dinyanyikan Yuki Kato dalam film Operation Wedding. Selain itu, lagunya pun menjadi soundtrack film Radio Galau FM dan Perahu Kertas.

Seiring berjalannya waktu, karir sebagai komposer terus berkembang. Ia dipercayakan membuat lagu untuk Mytha Lestari, Maudy Ayunda dan finalis X-Factor Indonesia. Beberapa perusahaan pun memilih Nadya untuk membuat untuk iklan yakni simPATI Your Everyday Discoveries, simPATI Social Max, Himalaya Face Wash, dan Vivo Smartphone.

Pada tahun 2019, Nadya kembali meluncurkan beberapa single barunya menjadi seperti Ibu Terhebat, Dia, Bersaudara. Karya tersebut muncul juga dalam album anyar Nadya yakni Pisces, sesuai dengan zodiaknya. Di tahun yang sama, Nadya melakukan tur ke enam kota yakni Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Bogor, dan Bandung. Rangkain tur didokumentasikan dan diunggah di kanal YouTube milik Nadya.

Nadya mengakui album kedua yang rilis setahun kemudian menemani proses pendewasaan selama sepuluh tahun belakangan. Bahkan, musisi seperti John Mayer dan Dave Matthews sangat mempengaruhi penggarapan album. Nadya juga mempublikasikan video dokumenter untuk Pisces. Di sana, ia mengatakan alasan mengapa Pisces dipilihnya untuk jadi judul album.

Pisces menjadi pertanda bahwa Nadya Fatira benar-benar kembali. Musiknya yang menenangkan dicampur suara yang manis telah lama dinantikan. Semoga, Nadya semakin produktif lagi untuk memberikan suguhan yang berkualitas, ya!

 

BIODATA

Nama Musisi                   : Nadya Fatira

 

Asal                                   : Makassar

 

Genre Musik                 : Pop

 

Tahun Aktif                   : 2010 – Sekarang

 

Label Rekaman             : Universal Music Indonesia

 

Source :

https://pophariini.com/nadya-fatira-cerita-tentang-10-tahun-di-album-kedua/

https://id.wikipedia.org/wiki/Nadya_Fatira

https://www.indozone.id/music/9Ds3b3/sempat-ditentang-orangtua-ternyata-ini-yang-bikin-nadya-fatira-ingin-jadi-penyanyi/read-all

https://www.tribunnewswiki.com/2020/02/21/nadya-fatira

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!