Bicara Musik

NTRL
  • By : admin
  • 25 February 2019

NTRL

Ku mau terbang/Dan tenggelam/Menjalani semua ini

Lirik lagu di atas masih sering dikumandangkan hingga detik ini walau usia lagu Terbang Tenggelam sudah memasuki angka empat belas tahun. Netral adalah band yang menciptakan sekaligus menyanyikan lagu ini sepanjang waktu tiap mereka tampil di depan para pencintanya. Namun, di pertengahan jalan, masalah hak paten atas nama Netral muncul dan membuat Bagus (vokal/bas), Coki Bollemeyer (gitar), dan Eno Gitara (drum) memutuskan untuk mengalah. Dan akhirnya NTRL menjadi nama pilihan mereka untuk selanjutnya.

NTRL menjadi wajah baru dari trio alternatif/punk/rock ini setelah dua puluh tahun lebih memakai nama Netral. Diawali oleh Bagus beserta dua personel lainnya, Miten dan Bimo, band ini menjadi salah satu wajah pergerakan musik alternatif di dekade 1990-an. Karya-karya mereka seperti Wa..lah..!!, Nurani, Pucat Sedih Serang, hingga Cahaya Bulan membuat nama mereka naik ke industri musik mainstream Indonesia.

Namun, pada akhirnya setelah Bimo serta Miten keluar, Bagus yang menjadi satu-satunya personel original berjuang untuk kembali menaikkan band yang membesarkan namanya ini. Dan ternyata kesuksesan itu datang ketika mereka merilis album Putih yang memuat lagu-lagu yang sempat menjadi heavy rotation di MTV Indonesia pada masanya, seperti Sorry, Haru Biru, Di Pantai Di Kala Rembulan, dan tentunya Terbang Tenggelam.

Sosok Coki dan Eno benar-benar sukses menggantikan Miten dan Bimo yang termasuk ikonik pada eranya. Coki yang membawa permainan gitar yang liar dan unik digabungkan dengan Eno yang membawa beat punk membuat semakin terasanya gairah serta semangat di dalam lagu-lagu NTRL.

Memasuki tahun 2018, NTRL merilis album bertajuk XXV yang diproduksi untuk menandakan usia 25 tahun mereka di industri musik Indonesia. Sebanyak sembilan belas lagu lama dan tujuh lagu baru masuk di dalam album ini. Selama 25 tahun mereka telah berkarya dan selama 25 tahun itu pula mereka memberikan warna terhadap selera musik tanah air. Kalau ada individu yang masa mudanya tidak menikmati karya-karya dari NTRL, kasihanilah dia.

 

Biodata

Nama Grup                       : NTRL

Nama Personel                : Bagus, Coki, Eno

Asal                                    : Jakarta

Genre Musik                    : Alternatif, Rock, Punk

Tahun Aktif                     : 1992 – Sekarang

Perusahaan Rekaman   : NTRL Records

Website                             : –

Sources:

https://en.wikipedia.org/wiki/NTRL

https://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/12/01/ntrl-seperempat-abad-tetap-rock-433899