Bicara Musik

NOAH
  • By : admin
  • 27 July 2020

NOAH

Siapa yang tak kenal dengan grup musik yang sudah lama berkecimpung di dunia musik tanah air ini? Meskipun berubah nama, para personelnya pun masih tetap tersohor. Mereka adalah NOAH, grup musik yang berdiri sejak 2 Agustus 2012. Tak jauh dengan grup musik lainnya, mereka pun mengalami tambal sulam personel. Meski begitu, para penggemar yang bermoniker “Sahabat NOAH” tetap tersebar sampai ke mancanegara.

Dahulu, grup musik ini dikenal dengan nama Peterpan yang terdiri dari Ariel (vokal), Uki (gitar), Reza (drum), Lukman (gitar), Andika (kibor) dan Indra (bas). Namun, pada tahun 2006, Indra dan Andika hengkang dengan alasan perbedaan visi. Peterpan pun menambah Lucky pada bas dan David pada kibor.

Setelah keluar dari grup, Andika dan Indra menuntut Ariel dan kawan-kawan untuk tak pakai nama Peterpan lagi saat manggung. Akhirnya, Sebuah Nama Sebuah Cerita merupakan album terakhir dengan nama Peterpan. David pun diangkat menjadi personel tetap, sedangkan Lucky mengundurkan diri digantikan Ihsan Nurrachman sebagai additional.

Pada tahun 2010, frontman dari grup musik tersebut diterpa kasus pornografi sehingga beberapa tahun mereka vakum. Sampai akhirnya tahun 2012, Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David menggelar konferensi pers mengenai nama baru mereka. Mereka akhirnya resmi menggunakan nama NOAH, sebuah nama yang berarti panjang umur, pemberi ketenangan.

Setelah berganti nama, grup musik ini merilis single berjudul Separuh Aku yang sangat melejit pada saat itu. NOAH juga meluncurkan buku otografi Kisah Lainnya dengan bonus album musik instrumental Suara Lainnya. Tak kasih kendor, NOAH juga merilis album perdananya, Seperti Seharusnya di tahun yang sama.

Mereka melakukan konser dalam waktu satu hari, 15-16 September 2012 di Melbourne, Hong Kong, Kuala Lumpur, Singapura, dan berakhir di Jakarta. NOAH berhasil meraih rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia. Mereka juga berhasil mendapat penghargaan plakat “Multiplatinum” dari Musica Studios dan Swara Sangkar Emas karena menjual album 1 juta kopi dalam waktu 5 bulan setelah perilisan.

Setahun kemudian, NOAH resmi meluncurkan buku terbaru mereka yang berjudul 6.903 Mil. Buku ini menceritakan di balik kesuksesan konser 2 Benua 5 Negara yang digelar selama 1 hari itu, buku ini adalah bagian kedua setelah Kisah Lainnya. Setelah itu, band ini meluncurkan film dokumenter, yang berjudul NOAH: Awal Semula, film ini menceritakan perjalanan grup musik terbaik Indonesia itu, yang disutradarai oleh Putrama Tuta. Namun, di tahun 2013 ini, Ihsan keluar dari grup lalu digantikan oleh Boy Tondo.

Dua tahun kemudian, giliran Reza yang tak bergabung lagi karena ingin menimba ilmu di Pakistan. Posisi drum diisi oleh Rio Alief. NOAH meluncurkan Second Chance berisi tiga lagu baru yakni Hero, Seperti Kemarin Suara Pikiranku, dan 9 lagu lama yang diaransemen ulang. Mereka pun menggelar tur Amerika Serikat di San Francisco, Los Angeles, New York, dan Washington DC pada Oktober 2015.

Tahun 2016, NOAH memberikan karya terbarunya lagi yakni album Sing Legends. Tujuan album ini untuk menghormati dan menghargai karya-karya para musisi legendaris Indonesia. Lagu yang diaransemen ulang diantaranya ialah, Andaikan Kau Datang oleh Koes Plus, Sajadah Panjang oleh Bimbo, Tinggallah Ku Sendiri oleh Nike Ardilla, dan lainnya. Di tahun yang sama, Boy Tondo memutuskan tak terlibat lagi dalam grup musik itu.

Album teranyar NOAH dirilis pada tahun 2019 bertajuk Keterkaitan Keterikatan. Namun, setelah peluncurkan album, kabar mengejutkan disampaikan oleh NOAH. Uki, memutuskan untuk mengundurkan diri dari grup musik ini. Setelah keluarnya Uki, Ariel belum mempersiapkan personel baru untuk menggantikan sahabatnya itu.

Tahun 2020, NOAH kembali menyuguhkan karyanya bertajuk Kala Cinta Menggoda. Meskipun mereka mendaur ulang lagu Chrisye, sambutan dari Sahabat Noah sungguh luar biasa dari Sabang sampai Merauke. Single ini menjadi tanda formasi baru grup musik ini tanpa Uki yakni Ariel, David, Lukman bersama additional lainnya.

 

BIODATA

Nama Grup                   : NOAH

Nama Anggota             : Ariel, David, Lukman

Asal                                : Bandung

Genre Musik                : Pop Rock

Tahun Aktif                  : 2012 – Sekarang

Label Rekaman           : Musica Studio’s

 

Source :

Wikipedia

Kapanlagi

Wartaekonomi

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!