Bicara Musik

Morfem
  • By : admin
  • 25 February 2019

Morfem

Morfem merupakan grup musik indie rock asal Jakarta yang terbentuk sejak tahun 2009 lalu, tepatnya pada tanggal 1 Mei. Bermula dari gagasan Jimi Multhazam (vokal), Pandu Fuzztoni (gitar), Freddie A Warnerin (drum), dan Bramasta J Sasongko (bass), Morfem cukup menarik perhatian penikmat musik tanah air dan merilis beberapa album terbaik.

Pada tahun 2011 lalu, Morfem merilis album penuh perdananya yang bertajuk Indonesia. Album tersebut berhasil mencuri perhatian dan sukses dinobatkan sebagai Album Favorit 2011 versi Jakarta Globe, Album Terbaik 2011 versi Trax Magazine, Album Terbaik 2011 versi Majalah Rolling Stone Indonesia (peringkat 4), Lagu Indonesia Terbaik 2011 berjudul Gadis Suku Pedalaman (perinkat 3), dan Nominasi Album Terbaik 2011 versi Majalah Tempo.

Tidak hanya itu, bahkan salah satu dari tiga video klip Mooner yang berjudul Pilih Sidang dinobatkan sebagai video klip terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Di tahun yang sama, Morfem juga merilis mini album berjudul unik Seka Ingusmu yang dirilis secara gratis di dunia maya. Dalam waktu tiga jam saja, mini album tersebut berhasil diunduh oleh sekitar lima ribu fans Morfem, menunjukkan kekuatan musikalitasnya.

Morfem kemudian merilis album kedua bertajuk Hey, Makan Tuh Gitar yang berisi sebelas track yang hadir dengan nuansa berbeda di setiap lagunya. Perilisan album yang dilakukan pada tanggal 24 Maret 2013 tersebut ditandai dengan showcase Morfem di Demajors Gandaria. Diproduseri langsung oleh kedua personel Morfem, yaitu Jimi Multhazam dan Pandu Fuzztoni, album ini memilih lagu 180 derajat sebagai single pertama yang dianggap mewakili sound Morfem di album kedua secara keseluruhan.

Kesuksesan album kedua membuat Morfem memerlukan waktu sekitar tiga tahun untuk kembali dengan full album terbarunya, yaitu Dramaturgi Underground yang rilis pada tahun 2016 lalu. Album yang sangat lekat dengan gitar ini menjadikan sound gitar fuzzy ala band indie rock atau alternative rock plus lirik “nakal: Jimi sebagai ciri khasnya. Album yang telah dirilis pada tanggal 10 November ini mendapat respon cukup positif dari para pencinta musik non-mainstream.

 

Biodata

Nama                                    : Morfem

Asal                                       : Jakarta

Tahun aktif                         : 2009 – sekarang

Genre                                   : Dance/Elektronik

Label rekaman                   : Sinjitos Records, MRFM Records

Anggota                               : Jimi, Pandu, Yusak, dan Freddie

Mantan anggota                : Yanu Fuadi

 

Sources

http://www.lorongmusik.com/2017/05/biografi-morfem.html

http://mavemagz.com/interview-with-morfem-2.html