Bicara Musik

Melancholic Bitch
  • By : admin
  • 25 February 2019

Melancholic Bitch

Dibentuk pada 1999 oleh Yosef Herman Susilo dan Ugora Prasad di sela-sela aktivitas mereka dalam proyek kesenian Performance Fucktory, Melancholic Bitch (Melbi) disebut-sebut sebagai salah satu grup band legendaris Indonesia. Satu tahun setelah pembentukannya, beberapa personel seperti Teguh Hari Prasetya, Septian Dwirima, Yennue Ariendra, Richardus Ardita, dan Pierna Harris bergabung dalam band ini.

Dalam perjalanan karir bermusiknya, Melbi menempatkan dirinya sebagai keluarga yang sering mengutip kalimat pembuka novel Anna Karenina yang berbunyi, “Seluruh keluarga bahagia selalu sama; keluarga tidak bahagia selalu tidak bahagia dengan caranya masing-masing.” Hal tersebut menunjukkan keunikan Melbi dan menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Band satu ini sudah sering mengisi panggung lokal, bermain di luar kota, hingga meramaikan musik teater dan film. Meski sibuk dengan kegiatan bermusik, Melbi tetap menyempatkan diri duduk bersama, bercanda, dan berdamai sebelum memulai “permusuhan” selanjutnya.

Beberapa album juga sudah dirilis oleh Melbi dan menunjukkan kualitas musiknya. Mulai dari Anamnesis (2005), Balada Joni dan Susi (2009), Lagu-lagu yang Tidak Bisa Dipercaya (2011), hingga album rilis ulang bertajuk Re-Anamnesis (2013). Pengakuan terhadap musik Melbi juga telah dibuktikan dengan keberhasilannya mendapatkan penghargaan sebagai satu dari 20 Album Indonesia Terbaik 2009 versi Rolling Stone Indonesia untuk albumnya yang bertajuk Balada Joni dan Susi.

Untuk urusan pementasan panggung, Melancholic Bitch sudah melakukan banyak pementasan. Salah satunya adalah konser ‘Balada Joni dan Susi’ pada 2009 yang diproduksi bersama Kelas Pagi Anton Ismael dan diadakan di gedung parkir Koran Tempo. Melancholic Bitch juga pernah melakukan pementasan di Yayasan Bagong Kussudiarja, yang diproduksi bersama Kua Etnika pada 2009. Tidak ketinggalan pementasan di Langgeng Art pada 2011 yang diproduksi bersama Kongsi Jahat Syndicate.

Melancholic Bitch dikenal sebagai entitas musik yang kerap “menghilang” dari peredaran karena kesibukan masing-masing personel, mulai dari Teater Garasi Yogyakarta, membuat musik latar fil, hingga sejumlah proyek seni lainnya. Bagi penggemarnya, band satu ini mirip sebuah mitos yang selalu dinanti karya-karyanya.

 

Biodata

Nama                       : Melancholic Bitch

Genre                      : Alternative/Indie

Label Rekaman     : Trauma Irama, Pintukecillab, Dialectic Recording

Asal                          : Yogyakarta

Tahun Aktif            : 1999 – sekarang

Website                   : –

 

Sources

https://tirto.id/melancholic-bitch-orde-baru-cerdas-ganti-baju-cwYS

https://ardiwilda.com/portfolio/wawancara-dengan-ugoran-prasad-melancholic-bitch-fans-club-adalah-konsep-menjijikkan/