Bicara Musik

Manjakani
  • By : admin
  • 25 February 2019

Manjakani

Manjakani merupakan duo asal Pontianak yang terbentuk pada tahun 2015, tepatnya pada tanggal 5 Juni. Menariknya, duo ini beranggotakan Taufan dan Nabilla yang juga merupakan sepasang kekasih. Nama Manjakani sendiri mempunyai filosofi yang cukup dalam. Manjakani yang biasanya digunakan sebagai ramuan tradisional untuk kerapatan organ tertentu, memiliki harapan agar orang-orang yang mendengarkan musiknya juga merapatkan pendengaran mereka pada lagu-lagu yang mereka ciptakan. Manjakani pun menghadirkan lagu yang mengandung kejujuran yang ingin mereka sampaikan.

Awalnya, duo ini terbentuk dari gelaran “Tribute to Peterpan” yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FKIP UNTAN Pontianak tahun 2015. Dalam acara tersebut, Taufan dan Nabilla ikut berpartisipasi dengan format satu gitar dan satu vokal. Sukses tampil di acara itu, Taufan dan Nabilla pun memutuskan untuk membuat sebuah grup musik (duo) dan menciptakan karya lagunya sendiri. Pada tahun 2015, Taufan dan Nabilla untuk pertama kalinya ikut serta dalam acara “Earth Day”. Baru mempunyai satu lagu, pada 5 Juni 2015 duo ini hadir sebagai opening act di Launching EP band indie Pontianak, Lima Pagi.

Bagi setiap musisi, single lagu pertama adalah sebuah pertaruhan. Jika sukses, tersebut bisa menjadi batu tapak untuk melangkah ke panggung berikutnya. Apabila tidak, maka langkah sebagai musisi bisa jadi berat untuk ditempuh. Begitulah kira-kira arti single lagu pertama Manjakani berjudul Asmaraweda, dengan genre pop yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Menariknya, single tersebut sukses menjadi langkah awal mereka untuk menghasilkan berbagai karya lainnya.

Lewat single Asmaraweda tersebut, Manjakani mendapat kesempatan untuk tampil di Soundrenaline Bali, Folk Musik Festival Malang, dan Urban Gigs Yogyakarta pada tahun 2017 lalu. duo itu pun terus menelurkan sejumlah karya-karyanya melalui dua single berikutnya yang diperkenalkan melalu media sosial mereka, yaitu Sabda Rindu, dan Rumah. Mengusung genre folk pop, mereka secara visual memang terbilang sunyi. Namun, musik folk pop yang dihadirkan oleh Manjakani terasa berbeda, cenderung segar dan mempunyai jati diri.

 

Biodata

Nama                    : Manjakani

Tahun Aktif         : 2015 – sekarang

Anggota                : Taufan, Nabilla

Genre                    : Folk pop

Website                : –

 

 

 

Sources

Voice of Borneo

Faktanya Muslim

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!