Bicara Musik

Kurosuke
  • By : admin
  • 27 July 2020

Kurosuke

Banyak personel grup musik yang menciptakan proyek solonya sendiri, salah satunya Kurosuke. Di balik nama panggung tersebut, ada Christianto Ario, vokalis dari grup musik Anomalyst. Bahkan, mereka sudah menciptakan dua album yakni Segara dan Cipta Rasa Karsa. Tak hanya itu, Ario juga malang melintang berkolaborasi dengan musisi lain seperti Polka Wars dan Mondo Gascaro.

Keputusannya untuk bersolo karir karena dirinya tak tahan jika tak produktif. Pada awal tahun 2018, seharusnya Anomalyst ada tur, tetapi batal karena salah satu personel bekerja. Waktu luang pun tersedia banyak untuk Ario yang mempengaruhinya terpikirkan untuk buat album. Spesialnya, Ario menyelesaikan album mendadaknya itu dalam satu hari.

Berbeda dengan Anomalyst, Ario dalam Kurosuke lebih terkesan personal dengan bergenre pop/funk Jepang tahun 80-an. Album perdananya yang bertajuk Kurosuke menunjukkan fase orang yang berbunga-bunga. Sedangkan tahun selanjutnya, ia merilis album keduanya The Tales of Roses and Wine yang diakui lebih intim. Kurosuke lebih mengeluarkan emosinya yang baru, tentu beda sudut dan beda perspektif dari album pertamanya.

Selain The Beatles, solois ini dipengaruhi oleh musik Italia dari berbagai era seperti Mancini, Lucio Battisti, dan Franco Battiato. Film-film romantis ala Italia pun menjadi sumber inspirasi terbesarnya dalam pembuatan karya-karyanya ini.

Sedangkan, inspirasi namanya berasal dari nama makanan dan anime. Beberapa tahun lalu, Ario pernah makan kukus roti (kuro kuro) di Bandung. Kebetulan keponakan partner bernyanyinya sedang suka anime Makuro Kurosuke. Dari situlah terpikirkan kukus roti susu keju yang disingkat jadi Kurosuke.

Kini, Kurosuke masuk ke dalam label Berita Angkasa yang menaungi Kelompok Penerbang Roket. Ario mengakui ia tak diganggu sama sekali mengenai musikalitas, label hanya membantu urusan pemasaran dan bisnis saja.

Ia memang memiliki sebuah label kecil bernama Senyawa Records, namun tak punya sumber daya untuk menjadi sebuah label resmi. Akhirnya, Ario bertemu Bayu Kurnia dari Berita Angkasa dan merasa cocok. Kerjaannya untuk Kurosuke dirasa lebih mudah setelah bergabung dengan Berita Angkasa.

Kurosuke memiliki beberapa single yang membuat namanya lebih dikenal banyak orang. Pertama, ada Little Joy yang menggambarkan sukacita dan bersyukur. Lagu itu ia dedikasikan untuk grup musik favoritnya yang bernama Little Joy juga. Lalu, Kurosuke pernah duet dengan Fathia Izzati dalam lagu Velvet, dan mengeluarkan video musiknya pada awal 2019.

 

BIODATA

Nama Musisi                   : Kurosuke

Nama Asli Musisi           : Christianto Ario

Asal                                   : Jakarta

Genre Musik                 : Pop

Tahun Aktif                     : 2018 – Sekarang

Perusahaan Rekaman : Berita Angkasa

 

Source :

MLD Spot

Pop Hari Ini

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!