Bicara Musik

Kunto Aji
  • By : admin
  • 25 February 2019

Kunto Aji

Ajang pencarian bakat Indonesian Idol menjadi panggung sekaligus saksi bisu lahirnya penyanyi yang awalnya dianggap biasa-biasa saja, tidak memiliki nilai lebih, dan hanya bermodalkan rambut keriting dengan kacamata frame besar yang lucu. Namun, seiring berjalannya waktu, Kunto Aji berhasil masuk ke zona yang menjadi tempat perlabuhan paling tepat.

Sembilan show di Indonesian Idol dan terpaksa tereliminasi, membuat nama Kunto Aji cukup naik pada masa itu. Setelah beberapa tahun hilang dari peredaran, yang sebenarnya sangat umum dirasakan para jebolan ajang pencarian bakat lainnya, Kunto Aji masuk kembali ke industri musik indonesia dengan tampilan yang kurang lebih sama, tapi dengan kesan yang lebih dewasa. Dan dia sukses besar.

Terlalu Lama Sendiri adalah single pertama yang menjadi kunci untuk membuka gerbang utama ke telinga pencinta musik Indonesia pada tahun 2014. Dengan nada yang mendayu-dayu, lirik yang miris sekaligus lucu, dan satu kalimat yang catchy, single ini sukses besar. Membawa citra yang lucu dan kreatif, Kunto Aji terus mendapatkan spotlight. Akhirnya dia menelurkan album pertamanya yang berjudul Generation Y pada tahun 2015.

Berjalannya waktu dan usia yang semakin dewasa, Kunto Aji memutuskan untuk membawa pendewasaan dirinya ke dalam karya-karyanya. Semua terbukti dari album barunya yang dirilis pada tahun 2018 berjudul Mantra Mantra. Ia membawa isu mental health yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda yang banyak menjadi pendengarnya, tapi sering diremehkan dan dianggap bukan masalah yang serius.

Kunto Aji memberikan persembahan spesial yakni Pilu Membiru (Live Experience) yang ditayangkan di kanal YouTube miliknya dan masuk dalam daftar video trending di Indonesia. Dalam video tersebut, terdapat Adjie Santosoputro, praktisi pemulihan batin yang mengajak tiga orang bernama Dede Yulia, Natasha Hangraini, dan Rama Faishal menceritakan beban yang dirasakannya. Lalu ketika selesai bercerita, mereka diberi kejutan yakni dihadapkan oleh Kunto Aji yang bernyanyi Pilu Membiru. 

Hasil video itu  pun dirangkum dalam album Pilu Membiru Experience yang bisa didengar di platform musik digital. Berisikan prolog semacam puisi yang dibacakan oleh Najwa Shihab, Nadin Amizah, Iqbaal Ramadhan berdasarkan cerita masing-masing orang yang diundang dalam video. Lalu album itu pun ditutup dengan lantunan penenang bertajuk Kontemplasi.

Sembilan lagu hasil racikannya beserta empat produser membuat album ini menjadi sangat matang dan sukses masuk ke daftar album terbaik Indonesia 2018 versi beberapa media. Kunto Aji yang dikenal di Indonesian Idol tidaklah sama dengan apa yang dilihat hari ini. Yang paling beruntung adalah Sobat Musik yang suka dengan karya-karyanya karena dengan revolusi Kunto Aji, hasil pemikirannya yang tertuang di dalam lagu-lagunya tidak akan lepas dan lekang dimakan zaman.

 

Biodata

Nama Artis                            : Kunto Aji

Asal                                         : Jakarta

Genre Musik                         : Pop, Jazz

Tahun Aktif                           : 2008 – Sekarang

Perusahaan Rekaman         : Juni Records

Website                                  : http://kuntoaji.com/

 

 

Sources

Wikipedia

Mousaik

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!