Bicara Musik

Komunal
  • By : admin
  • 25 February 2019

Komunal

Pasukan perang dari rawa/Gilas semua/Pasukan perang dari rawa/Siap tempur

Lirik lagu di atas adalah salah satu anthem paling terkenal dari band asal Bandung yang tidak pernah kehilangan karisma serta keberingasan di atas panggung. Komunal, yang dibentuk pada tahun 2004, masih tetap berdiri kuat dan semakin hebat.

Lima belas tahun sudah Komunal berdiri dan Doddy Hamson (vokal), Muhammad Anwar Sadath (gitar), Harry Reza (drum), serta Arief Khomani (bas) tetap bersama-sama menyebarkan virus berbahaya yang dihasilkan oleh lagu-lagu mereka. Dari segi nama band sendiri, Komunal memiliki arti [1] bersangkutan dengan komune; [2] milik rakyat atau umum. Ketika nama adalah doa, maka karya-karya Komunal adalah milik para penonton yang selalu sing along setiap mereka tampil.

Panorama (2004), Hitam Semesta (2008) dan Gemuruh Musik Pertiwi (2012) adalah tiga album yang sudah pernah dirilis oleh Komunal. Semua memiliki garis napas yang sama: stoner rock, licklick blues yang menawan, dan vokal rendah serta kasar dari Doddy Hamson membuat Komunal menjadi unit rock yang berbeda dibandingkan band-band lainnya yang sudah lebih dulu ada atau yang baru muncul setelah mereka berkarya.

Dalam segi aliran musik, Komunal memang sangat mengikuti gaya stoner-groovy-rock yang dipopulerkan band seperti Pantera, namun Led Zeppelin juga diakui sebagai inspirasi mereka. Beberapa lagu hits mereka seperti Higher Than Mountain II, Gemuruh Musik Pertiwi, dan Pasukan Perang dari Rawa yang liriknya menjadi pembuka artikel ini adalah karya dari Komunal yang wajib Sobat Musik dengarkan. Bahkan dari detik pertama, Sobat Musik akan langsung mengerti kenapa band ini spesial.

Tidak ada waktu yang terbuang ketika Sobat Musik mencoba untuk mengenal Komunal. Para Pasukan Perang dari Rawa ini siap melahap selera musik Sobat Musik dan menjelaskan bagaimana caranya mereka bertahan lima belas tahun dan tetap mempertahankan gaya bermusik yang sama tanpa perlu mengubahnya dengan dalih “revolusi musik para personil” atau “mencoba gaya baru” yang sering dikumandangkan oleh band-band yang tidak kuat dengan serangan era baru. Hail Komunal!

 

Biodata

Nama Grup                        : Komunal

Nama Personel                 : Doddy Hamson, Muhammad Anwar Sadath, Harry Reza, Arief Khomani

Asal                                     : Bandung

Genre Musik                     : Stoner Rock

Tahun Aktif                      : 2004 – Sekarang

Perusahaan Rekaman    : Progresiv Barbar Musik

Website                             : –

Sources

https://www.metal-archives.com/bands/Komunal/3540338472

http://www.provoke-online.com/index.php/music/musicnews/18958-rayakan-eksistensi-selama-14-tahun-di-industri-musik-indonesia-komunal-gelar-konser-di-spasial-bandung