Bicara Musik

Kelompok Penerbang Roket
  • By : admin
  • 25 February 2019

Kelompok Penerbang Roket

Bajingan jalanan/Si anjing jalanan

Rasanya sulit tidak menyanyikan bagian paling catchy itu ketika Anjing Jalanan berkumandang di speaker-speaker dengan Watt besar serta tata panggung yang wah. Kelompok Penerbang Roket (KPR) adalah penanggung jawab utama dari koor massal serta kekacauan yang pasti selalu terjadi saat mereka tampil.

Terbentuk pada tahun 2011, KPR adalah sebuah unit rock ugal-ugalan asal ibu kota Indonesia tercinta namun penuh kesemrawutan dan dipenuhi segala masalah, Jakarta. Layaknya Jakarta, KPR terbentuk tidak dengan cara yang mulus seperti band-band lainnya. Masalah silih berganti datang, termasuk ditahannya sang gitaris, Rey Marshall, oleh pihak berwajib karena kasus narkotika.

Namun, jika pembicaraan ini mau diarahkan ke musik yang mereka bawakan di setiap lagu, tidak ada yang bisa memungkiri kalau KPR adalah salah satu band terbaik yang ada di industri musik Indonesia saat ini. Liar, garang, sekaligus purba, John Paul Patton “Coki” (Bass), Rey Marshall (Guitar), dan Igusti Vikranta “Viki” (Drum) adalah representasi terbaik dari rock 1970-an Indonesia yang salah satunya dipelopori oleh duo paling fenomenal di skema rock Indonesia, Duo Kribo.

Namun, pada dasarnya KPR memang terinspirasi oleh sosok duo yang diisi Ahmad Albar (God Bless) dan Ucok Harahap (AKA) yang juga memiliki lagu berjudul Mencarter Roket itu. Dan dari sanalah salah satu inspirasi kenapa mereka bertiga memberikan nama Kelompok Penerbang Roket sebagai nama band mereka.

Berkaca dari pepatah “usaha keras tidak akan mengkhianati hasil”, KPR langsung mendapatkan spotlight setelah merilis album pertama mereka, Teriakan Bocah, pada tahun 2015. Lagu-lagu seperti TO, Di Mana Merdeka, hingga Anjing Jalanan menjadi repertoar yang wajib dibawakan saat mereka tampil hingga detik ini.

Setelah KPR bisa naik dengan cepat mengudara ke angkasa seperti roket, mereka serta merta menjadi kelompok yang patut diperhitungkan dan ditunggu karya-karyanya dalam waktu mendatang. Sulit rasanya melihat KPR tidak memberikan yang terbaik ketika hal yang menjanjikan sudah mereka perlihatkan sejak awal.

 

Biodata

Nama Grup                        : Kelompok Penerbang Roket

Nama Personel                 : John Paul Patton, Rey Marshall, Igusti Vikranta

Asal                                    : Jakarta

Genre Musik                    : Rock

Tahun Aktif                     : 2011 – Sekarang

Perusahaan Rekaman   : Berita Angkasa Records

Website                            : –

 

Sources

https://entertainment.kompas.com/read/2017/10/03/180623810/cerita-di-balik-nama-kelompok-penerbang-roket

http://www.lorongmusik.com/2016/02/biography-kelompok-penerbang-roket.html