Bicara Musik

Kallula
  • By : admin
  • 25 February 2019

Kallula

Memasuki dekade 2010-an, industri musik Indonesia mendapatkan angin segar dari wilayah penyanyi wanita. Munculnya Raisa, Isyana Sarasvati, dan Yura Yunita mengguncang skema musik Indonesia yang selama ini selalu dikuasai oleh musisi berkonsep band.

Jika berbicara tentang tiga nama penyanyi wanita itu, maka pasar mainstream adalah tempat mereka berdiri, tumbuh, dan terkenal, tapi ketika berpindah ke pasar indie, ada seorang wanita bernama Kallula Harsynta Esterlita yang seiring berjalannya waktu menjadi sosok fenomenal yang berpengaruh.

Wanita yang akrab dipanggil Kallula ini pertama kali bisa naik ke permukaan industri musik Indonesia setelah tampil dan merilis lagu bersama grup bernama KimoKal. KimoKal adalah duo yang terdiri dari Rizky “Kimo” Ramadhan dan Kallula. Terlihat dari nama KimoKal yang merupakan gabungan dari Kimo dan Kal dari Kallula.

Bermain di ranah musik pop elektro dan new pop, KimoKal pelan-pelan mulai mendapatkan fans dan mereka akhirnya merilis album berjudul O pada tahun 2016. Namun, akhirnya Kallula berhasil meraih panggung terbesarnya untuk memperkenalkan diri sebagai penyanyi wanita ketika Dipha Barus mengajaknya untuk bernyanyi di dalam lagu berjudul No One Can Stop Us.

Awalnya, tidak ada pemikiran kalau lagu ini memiliki gaya ledak yang begitu besar. Tapi ketika dirilis ke pasaran, Kallula dan Dipha Barus sukses mengatur ulang peta kekuatan musik Indonesia dengan kejeniusan dan permainan ala anti mainstream jika dibandingkan dengan musik yang sedang populer saat itu, yang membuat semua mata tertuju kepada mereka.

Dengan meledaknya No One Can Stop Us, Kallula tidak hanya tampil sebagai penyanyi pertama yang mempopulerkan karya-karya Dipha Barus, tapi bandnya sendiri, KimoKal, juga mendapatkan imbas dari kesuksesannya ini. KimoKal beberapa kali menjadi pembuka konser band internasional hingga mendapatkan kesempatan tampil di festival musik South by Southwest (SXSW) 2018 sebagai perwakilan dari Indonesia. Ia tidak hanya membawa gaya baru ke industri musik Indonesia, tapi juga berhasil menjadi panutan dari segi gaya panggung serta vokal yang menawan.

 

Biodata

Nama Artis                       : Kallula

Asal                                    : Jakarta

Genre Musik                    : Pop Elektro

Tahun Aktif                     : 2014 – Sekarang

Perusahaan Rekaman   : Double Deer Music

Website                            : –

 

Sources

Wikipedia

Sociolla

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!