Bicara Musik

Jaz Hayat
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 24 November 2021

Jaz Hayat

Penyanyi berkebangsaan Brunei Darussalam ini memiliki nama asli Aziz Hayat akan tetapi lebih dikenal dengan nama panggung Jaz. Sebelum serius menekuni bidang musik, Jaz sendiri ingin sekali menjadi seorang pemain sepak bola. Dulu, Jaz bahkan serius menekuni sepak bola hingga bergabung dalam Timnas U-16 Brunei Darussalam dan pernah ikut turnamen di Thailand pada 2007.

Jaz memulai karirnya dengan menjadi penyanyi di acara pernikahan. Ia juga aktif menulis dan merekam lagu. Salah satu lagu ciptaannya, I Stalk Your Profile, disebarluaskan Jaz lewat situs berbagi video YouTube. Berkat video itu Jaz diminta tampil di Anugerah Planet Muzik (APM) pada 2013. APM adalah acara penghargaan untuk musisi di negara rumpun Melayu seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Penampilan Jaz di APM membuat bakat bernyanyi Jaz mulai dilirik oleh khalayak. Perusahaan rekaman Sony Music Indonesia lalu merekrutnya. Mendapat kontrak rekaman, Jaz bahagia. Namun kebahagiaan tersebut terusik kabar duka. Nenek Jaz meninggal tak lama setelah penampilannya di APM. Sepeninggal neneknya, Jaz gamang. Dia bingung harus melakukan apa. Semangat Jaz menjadi penyanyi pun mendadak terhenti. Namun hidup harus tetap berjalan, Jaz memutuskan hijrah ke Jakarta dan melanjutan impiannya menjadi penyanyi. Jaz berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain.

Kemudian pada tahun 2016, Jaz merilis single pertamanya yang berjudul “Dari Mata”. Ternyata lagu ini sukses di pasaran dan lagu ini sempat merajai tangga lagu dibeberapa layanan musik streaming di Indonesia seperti JOOX dan Spotify. Proses terciptanya lagu ini dari ide sampai jadi bisa dibilang tak instan. Dibutuhkan waktu 4 bulan untuk Jaz merampungkan materi tersebut. Dari segi lirik sampai melodi dasar lagu merupakan bikinannya.

Pada satu tahun berikutnya, Jaz merilis single keduanya yang berjudul “Kasmaran”. Sama seperti single pertamanya, Kasmaran sukses di industri musik Indonesia. Sebelum tahun ini berganti, Jaz rupanya tak ingin berpuas dengan hanya dua single saja, Dari Mata dan Kasmaran. Ia berencana merilis single ketiga terlebih dahulu sebelum nantinya merilis album. Dalam sebuah obrolan dengan detikHOT, Jaz membagi sejumlah rencana yang dimilikinya selama setahun ke depan. Mulai dari merilis single berikutnya hingga album pada tahun di depan. Meski rencana itu telah ada di depan mata, Jaz mengaku masih memilih lagu mana yang nantinya akan ia dapuk sebagai single ketiganya. Jaz mengatakan, lagu tersebut akan dipilih dari 10 lagu yang menjadi materi albumnya.

Setiap tahunnya Jaz selalu merilis lagu, seperti pada tahun 2018 Jaz merilis lagu “Teman Bahagia” dan juga “Berdua Bersama”, lagu ini menjadi Soundtrack dalam film Milly & Mamet. Lagu tersebut merupakan pertama kali nya Jaz mengerjakan proyek lagu untuk film. 

Pada tahun selanjutnya Jaz merilis lagu “Katakan” (2019), “Bagaimana Bisa” (2019), dan “Penipu Cinta” (2020). Pada tahun ini Jaz merilis lagu 5 lagu. Lagu pertama dalam tahun 2021 adalah “Karma”. Yang menariknya, lagu ini diproduseri oleh komposer ternama Malaysia, Farouk, dan liriknya ditulis oleh Aisha Retno, kemudian dinyanyikan oleh Jazz dan juga Kaka Azraff. Lagu ini merupakan soundtrack dari film Takdir Yang Tertulis. Lagu balada dikenal dengan lirik-liriknya yang puitis. Nah, Karma sendiri juga demikian, apalagi lagu ini tentang patah hati.

“Sedang Jatuh Cinta” yang dirilis pada Februari 2021 ini seperti judulnya, bercerita tentang seseorang yang telah lama sendiri dan mulai merasa hampa. Di tengah kesendiriannya, dia bertemu dengan seseorang yang membuatnya kembali gembira. Lagu tersebut diproduseri oleh Ramadhan Handy dan Asta Handoko.

Kemudian untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, Jaz merilis lagu “Shalawat Asyghil”. “Shalawat Asyghil” berisi ucapan shalawat sebagai sebagai bentuk pengakuan atas kerasulan Nabi Muhammad SAW serta pengingat bagi umat Islam untuk selalu mengikuti ajarannya dan mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Baru-baru ini Jaz merilis lagu “Lukcy Ones” dan “Aku Butuh Kamu”. Lewat lagu “Lucky Ones”, Jaz mengajak para pendengar untuk bersyukur dengan semua permasalahan yang tengah dihadapi di dunia. Lagu ini menjadi lagu pertama dari Jaz yang full menggunakan Bahasa Inggris. Sedangkan lagu “Aku Butuh Kamu” dijelaskan oleh Jaz masih berkaitan dengan single “Lucky Ones” yang berbicara tentang quarter life crisis. Meski lahir dari dua pencipta lagu yang berbeda, namun Jaz menyebut jika dua singlenya itu masih berada di satu benang merah yang sama.

 

Biodata

Nama                                : Aziz Hayat

Tempat, Tanggal Lahir : Brunei Darussalam, 5 Maret 1993

Genre                                 : R&B, Pop

Tahun aktif                       : 2016 – sekarang

Label                                  : Sony Music Indonesia

 

Source

Wikipedia

Detik.com

Antara News

Sonora

Kompas.com

Fimela