Bicara Musik

Hindia
  • By : admin
  • 24 July 2020

Hindia

Sukses menjadi vokalis .Feast, Daniel Baskara Putra memulai proyek solonya yang ia beri nama Hindia. Karena lebih dikenal sebagai Hindia, ia mengakui banyak orang-orang yang memanggilnya demikian karena tak tahu nama asli. Baskara merasa Hindia bukan lagi alter ego-nya.

Pemilihan nama Hindia ini berawal dari mengingat masa tur belajar sekolah, Baskara melihat tulisan Hindia Belanda di bagian bawah lukisan Raden Saleh. Kemudian, ketika ia mencari-cari nama yang tepat untuk proyek solo, terbesit kata “Hindia” di pikirannya. Ia pun terdorong memakai nama ini supaya tak lagi muncul sejarah kolonialisme ketika mengetik kata “Hindia” di internet, melainkan profil tentang penyanyi asal Indonesia.

Baskara menganggap .Feast sudah milik bersama, energi yang ia keluarkan saat manggung penuh rasa amarah. Lagu-lagu yang diciptakan pun berasal dari cerita yang ada di masyarakat. Menurutnya, para penonton .Feast pun merasa seperti ikut aksi demonstrasi.

Sedangkan, ia juga ingin menciptakan karya yang lebih personal, berbeda dengan rock milik .Feast. Terciptalah Hindia dengan pendekatan genre yang lebih pop dan modern. Ia mengakui teman-teman .Feast sangat suportif, karena mereka pun bekerja sama dalam label musik Sun Eater.

Dimulai dari single Evaluasi, Secukupnya dan yang lainnya, album perdana Hindia rilis juga pada November 2019 lalu. Bertajuk Menari dengan Bayangan, Baskara ingin mencurahkan isi hatinya mengenai kesehatan mental. Ia ingin orang lain tahu dirinya bisa mengalami mental breakdown saat penggemarnya berteriak minta foto, terkadang ia juga harus manggung saat sedang letih. Album tersebut juga bercerita tentang hubungan dalam keluarga, tentang hubungan romantis pribadi, hingga kejenuhan saat bekerja.

Secukupnya juga dipilih menjadi soundtrack film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Sebuah film yang diadaptasi dari buku karya Marcella FP. Film ini memang relate dengan single milik Hindia tersebut yang mana bercerita tentang konflik keluarga. Selain itu,  Secukupnya berhasil menjadi nominasi “AMI Award untuk Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik”, “Piala Maya untuk Lagu Tema Terpilih”, dan “AMI Award untuk Pendatang Baru Terbaik.”

Hindia juga sudah menyelesaikan tur baik secara langsung maupun virtual. Pada Juli 2020, single teranyarnya Setengah Tahun Ini rilis, menggambarkan tentang hal-hal yang terjadi dalam enam bulan terakhir. Single tersebut juga penutup era Menari dengan Bayangan.

 

BIODATA

Nama Musisi                   : Hindia

Nama Asli Musisi           : Daniel Baskara Putra

Asal                                   : Jakarta

Genre Musik                 : Pop

Tahun Aktif                   : 2019 – Sekarang

Perusahaan Rekaman : Sun Eater

 

Source :

https://siasatpartikelir.com/berdialog-hindia/

https://republika.co.id/berita/q9ltyc463/alasan-baskara-putra-pakai-nama-panggung-hindia

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!