Bicara Musik

Grrrl Gang
  • By : admin
  • 25 February 2019

Grrrl Gang

Siapa bilang band kampus hanya manggung di festival-festival kampus? Setidaknya Grrrl Gang berhasil mematahkan anggapan itu. Band besutan Angeeta Sentana (vokal, gitar), Edo Alventa (gitar, backing vocal), dan Akbar Rumandung (bass) ini tidak hanya perform di acara kampus, tapi juga bisa tur bahkan keliling Asia Tenggara.

Ketiganya hingga tahun 2019 masih terdaftar sebagai mahasiswa di Yogyakarta. Grrrl Gang pun terbentuk secara tidak sengaja, dibentuk untuk meramaikan acara di kampus sendiri. Baik Angee, Edo, maupun Akbar memang tergabung dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) band di kampusnya. Namun, keterlibatan itu semata-mata karena memang mereka suka bermain musik, bukan niat untuk membuat sebuah band serius.

Walaupun begitu, setelah mereka benar-benar terikat dengan Grrrl Gang, keseriusan mereka buat mengeksplorasi musik ternyata tumbuh. Dari yang awalnya hanya manggung di festival kampus dengan lagu-lagu cover, di tahun 2017 Grrrl Gang sudah bisa menghasilkan karya sendiri dalam wujud extended play (EP).

EP bertitel Stop This Madness jadi karya “serius” pertama mereka. EP dengan dua track berjudul Bathroom dan Thrills ini mengangkat pesan tentang perempuan. Vibe yang dibawakan terdengar catchy dan cukup nyaman untuk didengar. Meskipun awal mula terbentuknya Grrrl Gang penuh ketidaksengajaaan, penggarapan EP perdana ini justru sangat serius. Mulai dari lagu hingga artwork untuk cover album pun terkonsep dengan apik.  

Grrrl Gang bisa dibilang produktif. Setelah merilis EP perdana, mereka kembali ke dapur rekaman untuk melahirkan karya baru berupa single berjudul Dream Grrrl. Nuansa yang dibawa masih sama, catchy dan dreamy karena vocal Angee yang khas. Selang tujuh bulan dari perilisan Dream Grrrl pada bulan Februari 2018, band ini kembali merilis sebuah single dengan judul Pop Princess.

Satu bulan setelah “Pop Princess” diluncurkan, Grrrl Gang merilis sebuah mini album Not Sad, Not Futfilled. Mini album ini berisi lima track termasuk Dream Grrrl dan Pop Princess yang sudah lebih dulu rilis. Pesan yang diangkat Grrrl Gang juga masih konsisten, sarat dengan pesan untuk empower para perempuan.

 

Biodata

Nama                                    : Grrrl Gang

Nama Personel                   : Angeeta Sentana (vokal, gitar), Edo Alventa (gitar, backing vocal), dan Akbar Rumandung (bass)

Asal                                       : Yogyakarta

Genre Musik                        : Indie Pop

Tahun Aktif                          : 2017 – sekarang

Perusahaan Rekaman        : Kolibri Records

Website                                 : grrrlgang.bandcamp.com

 

Sources:

Grrrl Gang: Ketidaksengajaan yang Ternyata Catchy!

https://www.djarumcoklat.com/coklatnews/cerita-singkat-dari-grrrl-gang-lewat-materi-terbarunya%20

Grrrl Gang Luncurkan Single Terbaru Bertajuk “Pop Princess”