Bicara Musik

Gigi
  • By : admin
  • 25 February 2019

Gigi

Gigi merupakan sebuah grup musik yang berasal dari Bandung, Indonesia. Mengusung jenis musik pop dan rock, band yang muncul sejak tahun 1994 ini diprakarsai oleh Aria Baron, Thomas Ramdhan (bassis), Roland Fristianto (drummer), Dewa Budjana (gitaris), dan Armand Maulana (vokalis).

Resmi dibentuk tepatnya pada tanggal 22 Maret 1994, nama Gigi sendiri muncul setelah para personelnya tertawa lebar mengomentari nama “Orang Utan” yang hampir menjadi nama band-nya. Dengan background musik yang berbeda-beda, mereka menggabungkan selera musiknya ke dalam satu musik yang menjadi ciri khas Gigi.

Gigi mengawali karir bermusiknya dengan merilis album perdana bertajuk Angan pada tahun 1994. Didukung oleh Union Artist/Musica, album tersebut dilempar ke pasaran. Gigi yang saat itu belum membentuk manajemen artis untuk mengelola kegiatan mereka merilis dua single sekaligus video klip, yaitu Kuingin dan Angan untuk mempromosikan album perdana tersebut. Namun, sayangnya saat itu kedua lagu tersebut belum mampu mendongkrak angka penjualan.

Akhirnya Gigi membentuk Gigi Management agar mereka menjadi grup musik yang lebih profesional. Mengingat kurangnya promosi dan tidak adanya pengelolaan manajemen menjadi faktor utama kegagalan album perdananya, Gigi kemudian hadir dengan album kedua bertajuk Dunia yang terbilang sukses. Mengandalkan lagu unggulan pertama berjudul Janji, Gigi berhasil menjual sekitar 400.000 copy serta mendapatkan penghargaan sebagai “Kelompok Musik Terbaik”.

Namun, kesuksesan album kedua tersebut harus disertai dengan keluarnya salah satu personel Gigi, yaitu Baron. Video klip lagu andalan kedua Nirwana pun dibuat tanpa adanya Baron hingga akhirnya pada September 1995 Barom resmi keluar dari grup band Gigi. Keluarnya Baron kemudian disusul pula oleh Thomas Ramdhan yang memutuskan hengkang dari grup pada November 1996. Gigi yang hanya menyisakan Armand dan Dewa kemudian merekrut Opet Alatas (bassis) dan Budhy Haryono (drummer) untuk membentuk formasi baru yang keluar belakangan.

 

Biodata

Nama                                     : Gigi

Tahun aktif                           : 1994 – sekarang

Genre                                     : Pop, rock, hip hop, punk, alternative rock

Anggota                                 : Armand Maulana, Thomas Ramdhan, Dewa Budjana, Gusti Hendy

Mantan anggota                  : Ronald Fristianto, Aria Baron, Budhy Haryono, Opet Alatas

Label                                      : E-Motion Entertaiment (2014 – sekarang)

Website                                 : www.gigibandofficial.com

 

Sources

https://id.wikipedia.org/wiki/Gigi_(grup_musik)

https://www.kapanlagi.com/gigi/profil/