Bicara Musik

Figura Renata
  • By : admin
  • 1 September 2020

Figura Renata

Tak hanya di ibu kota saja, grup musik di daerah lainnya juga bisa berkembang secara nasional. Selain meramaikan skena musik di Semarang, Figura Renata juga telah berpartisipasi dalam permusikkan tanah air. Mereka dikenal dengan debut single bertajuk “Elegi” yang dirilis dengan video musiknya pada tahun 2016.

“Elegi” berisi kritikan tentang kehidupan anak muda sekarang yang lebih mementingkan dunia maya dibanding dunia nyata. Lirik puitis,serta instrumen gitar yang kental terdengar dalam lagu ini.

Figura Renata memiliki genre pop folk, mereka terinspirasi dari Banda Neira, First Aid Kid, sampai Honey Trees. Perpaduan karakter vokal Deviasita Putri yang lembut dan petikan gitar akustik Bima Sinatrya membuat para pendengarnya eargasm.

Nama Figura Renata ini berarti cara mereka melihat suatu kesalahan. Figura berasal dari kata “pigura” yang artinya kesalahan yang berulang-ulang. Bingkai atau objek peristiwa dalam kehidupan manusia. Sedangkan, kata “Renata” memiliki arti sebagai sebuah zat tak terhingga yang menjadi sudut pandang mereka. Mereka juga terinspirasi dengan Mariana Renata, seorang model dari Indonesia.

Lalu, pada tahun 2017, duo folk ini merilis album mini self-titled perdananya. Album tersebut berisi lagu-lagu yang mengungkap peristiwa di kehidupan manusia. Dimulai dari kehilangan, keegoisan terhadap alam semesta, sampai perenungan manusia.

Selain “Elegi”, album mini tersebut berisi tujuh lagu lainnya yakni “Mala”, “Benalu”, “Pelukis Dendam”, “Gersang”, “Balada Penerka”, “Hingga Tenang”, dan “Rasa & Karsa”. Figura Renata juga merilis video musik untuk trek “Hingga Tenang”, serta live performance trek “Rasa & Karsa” bersama Fourtwnty.

Dua tahun kemudian, duo asal Semarang ini kembali dengan album mini bertajuk Bingkai Siklus yang hanya berisi empat trek saja. Mereka juga berkontribusi dalam album kompilasi yakni Senandung Energi Bumi. Figura Renata menyanyikan lagu “Pengakuan Seorang Pembunuh”.

Kemudian, karya mereka pada tahun 2020 ini yakni single “Aku dari Masa Depan” dan “Buyar”. “Aku Dari Masa Depan” bercerita tentang seseorang yang bertemu kembali dengan dirinya sendiri di masa lalu. Menyadarkan bahwa yang terjadi pada diri sendiri saat ini adalah bentuk dari apapun yang terjadi di waktu lalu.

 

BIODATA

Nama Grup                   : Figura Renata

 

Nama Anggota           : Deviasita Putri, Bima Sinatrya

 

Asal                                 : Semarang

tuk

Genre Musik                : Pop Folk

 

Tahun Aktif                   : 2016 – Sekarang

 

Label Rekaman           : Sahaya Record, Summer Festival

 

Source:

https://hai.grid.id/read/07567935/figura-renata-rilis-single-elegi

https://www.ngobrolin.id/kenalan-yuk-sama-duo-figura-renata/

https://pamityang2an.com/figura-renata-menunjukkan-sisi-berbeda-dengan-merilis-lagu-pembuka-aku-dari-masa-depan/

https://www.mousaik.com/news/figura-renata-merilis-album-perdana

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!