Bicara Musik

.FEAST
  • By : admin
  • 19 February 2019

.FEAST

Grup musik rock asal Jakarta ini bermula dari sekumpulan mahasiswa FISIP Universitas Indonesia. Awalnya mereka merilis satu buah karya berjudul Camkan pada tahun 2014 sebagai bentuk kegelisahan dalam kebebasan memilih agama di Indonesia. Pernah berencana untuk merilis album dengan tajuk Convictions, tetapi ternyata Feast malah vakum satu tahun.

Setahun berlalu, Feast kembali menggebrak panggung dunia hiburan dengan merilis single berjudul Wives of ゴジラ/Gojira (We Belong Dead), berkolaborasi dengan Janitra Satriani di tahun 2017. Masih di tahun yang sama, Feast ganti menggandeng Yudhis dari grup musik Rachun untuk bersama merilis single berjudul Sectumsempra.

Pada 18 September 2017, Feast baru bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki album sendiri. Berkolaborasi dengan sederet musisi ternama seperti Bam Mastro, Ramengvrl, Oscar Lolang, Mardial, dan Haikal Azizi, Feast merilis album Multiverses ke pasaran. Dengan banyaknya musisi yang digandeng oleh Feast, banyak variasi elemen yang muncul di album tersebut, mulai dari gospel, doom, hip hop, dan stoner.

Memasuki 2018, Feast berhasil mengembangkan eksistensinya di dunia musik dengan meluncurkan single berjudul Peradaban pada 13 Juli dan Berita Kehilangan pada 10 Agustus. Dalam Berita Kehilangan, Feast menceritakan tentang kesedihan akan adanya tindak kriminalisasi yang marak di Indonesia, seperti pemerkosaan, pelatihan bibit teroris, dan pemberontakan tidak jelas. Mereka turut mengajak penyanyi elektronik Rayssa Dynta untuk ikut menyuarakan pesan tersebut melalui lagu. Kedua lagu ini bisa ditemukan oleh penikmat musik pada album Beberapa Orang Memaafkan.

Kritik sosial terhadap isu lain juga disampaikan Feast melalui lagu Kami Belum Tentu yang rilis pada September 2018. Lagu ini mencoba merepresentasikan keaadaan anak muda zaman sekarang yang kebanyakan apatis, tidak peduli dengan isu-isu politik nasional di negaranya sendiri. Sebuah fenomena namun juga bentuk sindiran halus dari grup musik ini.

Bagi Feast, setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-berbeda dan hal tersebut tidak bisa dipaksakan. Semua orang memiliki kebebasan bermusik, entah genre apa yang dipilih, serta siapa musisi favoritnya. Meski begitu, bukan berarti setiap grup musik memiliki satu kelompok penggemar saja. Itulah kenapa Feast mengajak banyak musisi dari berbagai latar belakang genre. Feast ingin bisa menjangkau dan melebur dengan semua pencinta musik Indonesia.

 

Biodata

Nama grup                                               : Feast / .Feast

Nama personel                                        : Baskara Putra, Adnan S.P., Dicky Renanda, F.Fikriawan, Adrianus

Aristo Haryo

Asal                                                           : Jakarta, Indonesia

Genre musik                                            : Rock, stoner rock

Tahun aktif                                              : 2012 – sekarang

Perusahaan rekaman                             : Leeds – Karma Records

Website                                                     : –

 

Sources:

https://id.wikipedia.org/wiki/Feast_(grup_musik)

https://oumagz.com/ou-pini/grup-musik-rock-feast-berani-beda/

https://hot.detik.com/music/d-4222697/feast-ungkap-alasan-anak-muda-apatis-politik-di-kami-belum-tentu