Bicara Musik

FRAU
  • By : admin
  • 18 February 2019

FRAU

Sedikit asing dengan namanya. Frau merupakan nama panggung yang dipilih oleh Leilani Hermiasih dalam menggeluti karir bermusiknya. Perempuan berusia 28 tahun ini adalah seorang penyanyi, pianis, sekaligus penulis lagu yang namanya cukup populer di kalangan penikmat musik Indonesia. Dalam perjalanan bermusiknya, perempuan lulusan jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya dari Universitas Gajah Mada ini setia ditemani oleh Oskar, nama piano digital Roland RD700SX buatan tahun 1990-an kesayangannya. Frau sendiri mulai belajar pinao sejak duduk di kelas 1 SD.

Tidak hanya piano, ia juga sempat belajar bermain gitar bass. Hobi bermain musik sejak kecil, tidak pula membuat Frau mengesampingkan pendidikan. Setelah lulus S1 pada tahun 2012, ia melanjutkan pendidikan S2 di Queen’s University Belfast, Kerajaan Inggris pada tahun 2013 melalui program beasiswa pendidikan pemerintah Indonesia yang dikelola oleh LPDP.

Prestasi akademik yang Frau miliki juga diimbangi dengan prestasi dalam karir bermusiknya. Selama bermusik, Frau telah merilis dua album. Album perdananya yang bertajuk Starlit Carousel rilis pada tahun 2010 lalu. Sementara album berikutnya yang bertajuk Happy Coda rilis pada tahun 2013.

Melalui album perdananya tersebut, Frau berhasil mendapatkan beberapa jenis penghargaan pada tahun 2010. Mulai dari Lima Konser Istimewa di Daerah Istimewa dari Jakartabeat.net, Lima Belas Album Terbaik Satu Dekade 2000-2010 dari Jakartabeat.net, Lima Album Terbaik Indonesia dari Jakartabeat.net, hingga Roland’s Best Creative Commons Music Moments dari Phlow Magazine.

Perempuan yang mengagumi Chrisye, Vina Panduwinata, Regina Spektor, Joanna Newsom, hingga Tom Waits ini juga kerap tergabung dalam beberapa proyek album kompilasi. Di antaranya pada album yang bertajuk DRS Sampler Vol2 dengan lagu Mesin Penenun Hujan (Demo) pada tahun 2009, album Jogja Istimewa dengan lagu Confidential pada tahun 2010, hingga Indonesian CC Music Compilation dengan lagu Mesin Penenun Hujan pada tahun 2012.

 

Biodata

Nama                                         : Leilani Hermiasih

Tempat/Tanggal Lahir          : Yogyakarta, 2 Mei 1990

Genre                                         : Piano pop, indie pop

Label                                          : Yes No Wave Music, Sbatu Records

Website                                      : –

 

Sources

https://www.mldspot.com/music/2017/04/07/frau-suara-surga-dari-jogja