Bicara Musik

Fletch
  • By : admin
  • 25 February 2019

Fletch

Band folk beranggotakan anak-anak perantauan yang sedang melanjutkan studi di kota Malang ini memulai karier dengan meluncurkan single berjudul Tiga Pagi melalui platform musik digital. Tiga Pagi bercerita tentang perasaan kalut yang selalu dirasakan seseorang pada sepertiga malam hingga tak bisa tertidur. Single ini pun meledak di pasaran dan banyak disukai oleh para penikmat musik. Meski begitu, bukan berarti kehidupan karier Fletch berjalan mulus-mulus saja. Mereka pernah vakum pada pertengahan hingga akhir 2016 setelah terbentuk pada pertengahan 2015.

Awalnya, hanya ada tiga orang personel dalam Fletch, yaitu Danti di ukulele, Richard di vokal dan gitar, serta Ridho di keyboard. Karena merupakan mahasiswa yang sama-sama menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya, Fletch hanya tampil dengan membawakan lagu pop orang lain yang telah mereka cover. Hanya ada satu karya orisinal yang kemudian masuk album kompilasi homeband FISIP UB. Kesibukan kemudian membuat mereka harus vakum sejenak.

2017 menjadi tahun kembalinya mereka ke industri hiburan. Di tahun yang sama pula, Fletch berhasil merampungkan album Konotasi yang memiliki sepuluh track di dalamnya, dua di antaranya adalah single yang mereka luncurkan terlebih dahulu, Tiga Pagi dan Sadajiwa.

Di balik penamaan Konotasi, ternyata Fletch memiliki filosofi tersendiri. Menurut mereka, lagu-lagu yang ada dalam album tersebut bisa multitafsir sehingga membebaskan para pendengar untuk mengintepretasikannya secara personal. Meski begitu, lagu-lagu dalam Konotasi sudah mencakup banyak perasaan yang sering dirasakan oleh manusia, seperti kehampaan, kebahagiaan, kesakitan, dan lainnya.

Konotasi awalnya hanya dirilis di platform musik digital, tetapi kemudian Fletch juga mengeluarkan bentuk fisiknya. Dalam perilisan album fisiknya, band ini banyak mengundang musisi lain karena ingin sekaligus menjadikan acara tersebut sebagai tempat berbagi ilmu sesama musisi. Kini, para penikmat musik folk sudah bisa mendengarkan lagu-lagu dari grup musik ini baik melalui digital maupun fisik. Komposisi dan aransemen lagu yang disajikan olehnya akan terdengar seperti Banda Neira, Endah N Rhesa, dan Novo Amor, sehingga cocok juga jika didengarkan oleh fans grup musik tersebut.

 

Biodata

Nama grup                                          : Fletch

Nama personel                                   : Richard, Rido, Danti, Amanda, Rifqi, dan Naufalia

Asal                                                       : Malang, Indonesia

Genre musik                                       : Pop indie, dream folk

Tahun aktif                                         : 2015 – sekarang

Perusahaan rekaman                       : GZZ Records

Website                                               : https://fletchband.bandcamp.com/

Sources

Website Band

The Display

Djarum Coklat

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!