Bicara Musik

Endank Soekamti
  • By : admin
  • 13 February 2019

Endank Soekamti

Seperti gudeg dan bakpia, Endank Soekamti adalah aset Yogyakarta.

Begitu tulisan biografi mereka di situs resmi band yang dipunggawai Erix, Tony, dan Dory ini. Hal tersebut nampaknya bukanlah isapan jempol belaka, karena memang Endank Soekamti merupakan salah satu band kota gudeg yang bisa dibilang sukses baik dalam bermusik maupun dalam hal lainnya.

Endank Soekamti lahir pada hari yang unik, yakni tepat pada 1 Januari 2001 dengan formasi awal Erix, Fendy, dan Ulog. Setahun kemudian, Fendy dan Tony hengkang dan Ulog didaulat menjadi road manager. Posisi mereka berdua kemudian digantikan oleh Dory yang masuk pada tahun 2002.

Memasuki tahun 2003, mereka merilis album pertama bertajuk Kelas I di bawah Proton Records. Namun, di saat itulah mereka juga mengalami suatu ironi, yakni meski sering tampil di layar kaca lewat MTV kala itu, mereka malah tidak diterima di kancah musik punk Jogjakarta. Memang butuh waktu lebih dari sepuluh tahun bagi mereka untuk menjadi seperti sekarang. Setelah malang melintang untuk merilis album baru, pada 2010 Endank Soekamti bergabung dengan Nagaswara Music dan meluncurkan album Soekamti.com yang juga diambil dari nama situs resmi mereka. Tidak hanya itu, mereka juga mengeluarkan komik biografi berjudul Long Live My Family terbitan Gramedia.

Kesuksesan Endank Soekamti kembali berlanjut. Pada 2011, mereka membuat label rekaman dan rumah produksi sendiri yang diberi nama Euforia Records dan Euforia Audio Visual. Mereka juga turut berkontribusi dalam memajukan pendidikan dengan membuat sekolah bakat gratis yaitu DOES University. Di bidang lain, mereka juga membuat Vlog Fest yang menjadi program tahunan untuk misi penggalangan dana pendidikan Indonesia.

Memasuki 2016, kabar mengejutkan datang dari Endank Soekamti, yakni mundurnya sang drummer Ary pada 22 Juni karena masalah antar personil. Namun, hal ini tidak membuat Endank Soekamti berlarut dalam keterpurukan, posisinya kemudian digantikan oleh Tony. Kabar baik juga menghampiri mereka. Selain jadwal manggung yang padat, pada 3 Mei 2018 lalu Endank Soekamti menyelenggarakan konser di Nagoya Jepang atas undangan anggota Saburai Lampung. Sampai saat ini, mereka tetap aktif mengisi panggung di berbagai konser ternama di tanah air. Mereka pun berhasil membuktikan diri sebagai aset berharga kota gudeg.

Tak hanya itu, perjalanan musik Endank Soekamti belum berhenti dan tetap menggelora hingga tahun 2020. Karya album yang mereka ciptakan pun tak sedikit. Setelah adanya album Soekamti.com, masih ada album yang lainnya yakni Angka 8, Kolaborase, Soekamti Day, Salam Indonesia, dan yang terbaru ialah Air. Tak jarang pula lagu-lagu di dalam album mereka menjadi top hits di Indonesia. Album Air ini berisi 18 lagu yang direkam di Pulau Kepa, Alor, Nusa Tenggara Timur dan memiliki box set berisi buku foto, sertifikat, kartu member, CD audio album Air, DVD film Air, dan Jaket Wind Breaker.

 

BIODATA:

Nama Grup            : Endank Soekamti

Personel                  : Erix, Dory, Tony

Genre                      : Punk

Asal                          : Yogyakarta

Tahun Aktif            : 2001 – Sekarang

Label                        : Euforia Records

Situs Resmi            : http://www.soekamti.com/

 

Source:

http://www.soekamti.com/

https://hot.detik.com/music/d-3241219/mundurnya-ari-soekamti-ada-masalah-antar-personel

https://pophariini.com/endank-soekamti-luncurkan-air/

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!