Bicara Musik

Dialog Senja
  • By : admin
  • 1 September 2020

Dialog Senja

Jika membicarakan tentang musik pop folk di Indonesia memang tak ada habisnya. Begitu banyak musisi yang mulai membuka jalan mereka bermusik di genre ini, salah satunya ialah Dialog Senja.

Grup musik yang berasal dari Sukabumi ini terdiri dari dua orang yakni Raden Ruhiyat (vokal, gitar) dan Jamil Hasyani (vokal, gitar, piano). Penamaan Dialog Senja itu diambil dari singkatan mereka, memiliki arti (Dialog Sama radEN dan JAmil).

Awalnya, Raden dan Jamil bergabung pada grup musik lain dan selalu gagal. Sampai akhirnya, mereka memutuskan untuk berdua, supaya tidak ribet.

Mereka mulai berkarier sejak 2015. Namun, baru merilis mini album perdana bertajuk Lara pada 2017. Album ini berisi tujuh trek yakni “Prolog”, “Sampai Nanti Kan Berganti”, “Lara”, “Bekas Luka”, “Rindu (Sang Fajar)”, “Kunang-Kunang”, danPenggembala Rasa”.

Selain di kanal musik digital, mereka juga membagikan album mini melalui YouTube. Selain itu, pada tahun yang sama juga merilis video musik dari lagu “Lara” yang disutradari oleh Alam Mumu.

Di video tersebut, Dialog Senja memperlihatkan keindahan alam Indonesia. Suasananya sangat mendukung lagu yang mereka bawakan. Ditambah lagi, pembacaan puisi pada awal video menambah bumbu kesedihan. Hingga kini, video sudah ditonton sampai 14 juta kali.

Setahun kemudian, Dialog Senja mempersembahkan video lirik untuk lagu “Bekas Luka”. Sama seperti video sebelumnya, mereka membuka dengan pembacaan puisi. Duo ini pintar mengaduk-aduk perasaan pendengarnya.

Di tahun yang sama, mereka berkolaborasi dengan Suar & Temaram, merilis single “Layar Merah”. Tak hanya itu, kedua grup musik tersebut menyelenggarakan intimate showcase untuk perilisan album mini di Rumah Mesra, Sukabumi. Album tersebut bertajuk Dialektika, berisi lima trek di dalamnya.

Mereka ingin mengajak pendengarnya untuk melihat kehidupan beserta segala pertentangan yang ada sebagai sebuah jalan menuju kompromi. Meskipun banyak kendala selama penggarapan album, terlebih lagi keduanya bergenre beda. Namun, proyek tetap dilanjutkan karena ingin menjadi trigger musisi lokal lain agar tetap berkarya.

Dialog Senja juga mendapat kesempatan untuk ikut tur Road to Soundrenaline 2019. Mereka tidak menyangka bisa turut serta, karena merasa jadi grup musik yang kecil. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa bagi mereka. Bahkan, demi meramaikan suasana panggung, mereka menambah pemain musik tambahan.

 

BIODATA

Nama Grup                   : Dialog Senja

 

Nama Anggota           : Raden Ruhiyat, Jamil Hasyani

 

Asal                                 : Sukabumi

tuk

Genre Musik                : Pop Folk

 

Tahun Aktif                   : 2015 – Sekarang

 

Label Rekaman           : DSxST, Roomour Record

 

Source:

https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01316377/dialog-senja-dari-sukabumi-wujudkan-mimpi

https://www.djarumcoklat.com/band/dialog-senja

https://masaginews.com/hobi/bertajuk-dialektika-inilah-kolaborasi-dua-band-indie-sukabumi/

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!