Bicara Musik

Diskoria
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 6 July 2021

Diskoria

Menjadi salah satu pelopor musik disko di Indonesia, Diskoria adalah duo musik asal Jakarta yang terdiri dari Merdi Simanjuntak (drum) dan Fadli Aat (bass). Dalam berkarya, mereka mengedepankan unsur pop dan menggarapnya dalam format band. Hal ini pun menjadi tantangan untuk Diskoria, karena mereka melihat bahwa pengerjaan musik pop biasanya berbentuk dalam format sebuah band.

Pada tanggal 14 Februari 2019, Diskoria merilis single pertama mereka yang berjudul “Balada Insan Muda”. Lagu ini mereka garap bersama tim produksi Laleilmanini. Kemudian, dalam single kedua yang berjudul “Serenata Jiwa Lara”, mereka berkolaborasi dengan aktris dan penyanyi Dian Sastrowardoyo. Lagu ini dirilis pada tanggal 17 Maret 2020 dan seluruh hasil penjualannya disalurkan kepada Yayasan Irama Nusantara yang melakukan arsip musik Indonesia.

Diskoria pun kembali merilis lagu pada tanggal 15 Oktober 2020. Kali ini, mereka mendaur ulang versi asli karya Hetty Koes Endang yang berjudul “Pelangi Cinta”. Dalam lagu tersebut, mereka berkolaborasi bersama musisi Afifah Yusuf.

Merdi mengatakan bahwa apa yang Diskoria lakukan adalah bentuk usaha untuk menarik minat masyarakat terhadap lagu Indonesia. Musik yang mereka ciptakan menjadi pilihan rekreasi di lantai dansa, bukan misi kebudayaan. Bahasa yang mereka usung di dalam musik pun merupakan bahasa untuk berpesta. Mereka sadar, agar bisa disukai oleh anak muda sekarang, caranya tidak bisa langsung dengan konten yang terlalu serius. Mereka pun memulainya dengan cara seperti itu.

Pada tanggal 1 Juli 2021, Diskoria sukses merilis lagu “Suara Disko” yang menjadi hasil kolaborasi dengan FLEUR! dan Tara Basro, digarap dalam waktu kurang dari 24 jam. Lagu ini dikerjakan di Studio Syaelendra dan lahir dari sebuah proyek audiovisual yang bernama Studio Pop Show Season 2.

 

BIODATA

Nama Grup                   : Diskoria

Nama Anggota              : Merdi Simanjuntak, Fadli Aat

Asal                                 : Jakarta

Genre Musik                 : Pop

Tahun Aktif                   : 2015 – Sekarang

Label Rekaman:           : Suara Disko

 

Source:

Wikipedia

Detik Hot

Whiteboard Journal

 

Simak profil artis lainnya di website Bicara Musik!