Bicara Musik

DIPHA BARUS
  • By : admin
  • 8 February 2019

DIPHA BARUS

Disc Jockey (DJ) yang lahir di Jakarta, 4 Januari 1986 ini dikenal sebagai salah satu komposer dan produser menjanjikan di Indonesia. Tidak mengherankan apabila pria bernama lengkap Dipha Kresna Aditya Barus ini memiliki jadwal panggung yang cukup tinggi di dunia Electronic Dance Music (EDM) nasional dan internasional.

Nama Dipha Barus semakin terkenal sejak ia merilis karya debutnya berupa sebuah single yang berjudul No One Can Stop Us pada 17 Maret 2016 lalu. Menggandeng Kallula, yang merupakan vokalis dari LCD Trip & Kimonal, single perdana tersebut sukses menyabet penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia 2016 dalam kategori ‘Karya Produksi Dance/Elektronik Dance Musik Terbaik’. Single tersebut juga merupakan single pertama yang ia ciptakan setelah beberapa kali membuat lagu untuk sejumlah musisi ternama Indonesia.

Lagu No One Can Stop Us sendiri dirilis setelah proses pengerjaan kurang lebih selama empat tahun (2011-2015). Proses yang lama tersebut dilakukan Dipha mengingat sifatnya yang perfeksionis. Ia terus mengubah lirik hingga aransemen musik single perdananya tersebut sampai di telinga publik. Melalui single tersebut, Dipha ingin kembali mengenalkan masyarakat Indonesia dengan budaya negeri sendiri yang kini mulai ditinggalkan.

Kualitas karya-karya yang dilahirkan Dipha terbukti dengan banyaknya artis papan atas Indonesia yang tertarik bekerja sama dengannya. Ia pernah memproduseri sejumlah penyanyi pop tanah air, mulai dari Afgan, Raisa, hingga Rinni Wulandari. Dipha juga kerap berperan sebagai artis pendukung untuk beberapa karya, seperti Aku Wanita bersama Bunga Citra Lestari (2017), Made in Jakarta bersama Adrian Khalif (2017), hingga Skin to Skin bersama Monica Karina (2018).

Beberapa lagu karya Dipha Barus juga membuktikan level musikalitasnya yang tidak perlu diragukan. Mulai dari proyek lagu Raisa berjudul My Kind of Crazy dan Mine yang diproduseri langsung oleh Dipha pada tahun 2018, All Good yang ia ciptakan untuk Nadin yang membawanya meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia sebagai karya produksi terbaik 2017, hingga Money Honey dengan menggandeng penyanyi pendatang baru Monica Karina.

 

Biodata

Nama Lengkap                                       : Dipha Kresna Aditya Barus

Tempat dan Tanggal Lahir                  : Jakarta, 4 Januari 1986

Genre Musik                                           : EDM, house, R&B, dan Hiphop

Tahun Aktif                                             : 2010 – Sekarang

Website                                                     : –

 

Sources:

https://id.wikipedia.org/wiki/Dipha_Barus

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/akbar-30/lagu-karya-dipha-barus-bukti-dirinya-dj-dan-komposer-berbakat-c1c2/full