Bicara Musik

Dhira Bongs
  • By : admin
  • 13 August 2021

Dhira Bongs

Terbiasa mendengarkan musik sejak kecil membuat Dhira Bongs memilih musik sebagai kariernya. Banyak fase yang telah ia lewati di dunia musik, mulai dari menjalankan hobi hingga menjadi musisi penuh waktu. Ibunya gemar bermain piano dan mendengarkan lagu disko dan RnB era 1980-an. Hal itu lah yang membuat Dhira Bongs sendiri mulai mencintai musik. Ia mulai mengikuti les piano saat berada di kelas 1 hingga 6 SD. Memasuki bangku SMP, ia pun beralih ke alat musik gitar. Pada masa itu, Dhira Bongs bersama teman-temannya bergabung dengan grup musik aliran punk dan death metal sebagai gitaris.

Nama unik Dhira Bongs rupanya bukan nama asli dari musisi kelahiran 20 Mei 1993 ini. Saat masih SD, rambut keritingnya menjadi lurus karena proses rebonding. Teman-temannya pun mulai memanggilnya dengan sebutan Dhira Bongs, berasal dari kata “bon” yang merupakan singkatan dari “bonding”.

Dhira Bongs mendapat kesempatan untuk tampil di atas panggung acara sekolah bersama grup musiknya. Waktu akhir pekannya diisi dengan bermusik. Kemudian di tahun 2009, ia bergabung dalam grup musik beraliran ska yang bernama Skamigo. Dhira Bongs mengaku bahwa kebiasaan bermusiknya menjadi semakin serius saat ia bermain dengan grup musik tersebut. Di situ, ia belajar bagaimana caranya bekerja di dalam industri musik.

Pada tahun 2014, Dhira Bongs pun akhirnya berhasil merilis album perdana yang bernama My Precious. Dengan 10 lagu di dalamnya, ia hadir dengan nuansa akustik. Dua tahun kemudian, album keduanya Head Over Heels berhasil dirilis. Saat itu Dhira Bongs beralih ke aliran elektronik dengan sentuhan synthesizer di dalamnya. Dengan pilihan-pilihan nuansa musik ini, ia menyebut jenis musiknya dengan nama eksploratif pop.

Selain bermusik, Dhira Bongs telah menjalani bidang akademis sebagai lulusan Sarjana Ekonomi. Ia menempuh bangku kuliah jurusan Ekonomi Manajemen bersama teman-temannya di grup musik Skamigo. Latar belakang pendidikan tersebut hampir membuatnya keluar dari dunia musik. Namun dengan dukungan orang tua, ia tetap menjalani kariernya sebagai musisi.

Dengan segudang pengalamannya, Dhira Bongs pun telah berhasil memasuki dunia musik internasional. Pada tahun 2017, ia mendapat kesempatan untuk tampil di Jepang dalam 4 kota, yaitu Tokyo, Nagoya, Osaka, dan Kyoto. Pada bulan Maret 2019, Dhira Bongs bahkan sukses mewakili Indonesia dalam ajang festival South By South West (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Beberapa deretan karya telah Dhira Bongs hadirkan kepada pendengarnya, seperti “Strugglin'” (2017), “Jangan Tumbuh” (2018), “Sungguh Terlalu” (2019), “Not an Ordinary Fairytale (feat. MUREI)” (2020), dan “Holiday Savvy” (2021) yang merupakan single terbarunya. Bagi Dhira Bongs sendiri, album ketiganya yang sedang dalam proses akan hadir dengan nuansa yang lebih “aneh”, mengingat ia selalu mengeksplor jenis musik yang dibuat.

 

BIODATA

Nama Musisi                 : Dhira Bongs

Nama Asli Musisi         : Nadhira Soraya Nasution

Asal                                 : Bandung

Genre Musik                 : Pop

Tahun Aktif                   : 2005 – Sekarang

Label Rekaman            : –

 

Source :

Beritabaik.id

CNN Indonesia

Jangan sampai ketinggalan profil artis lainnya, ya!