Bicara Musik

DEREDIA
  • By : admin
  • 7 February 2019

DEREDIA

Deredia merupakan gabungan dari kata dere dan di’a. Keduanya berasal dari bahasa Flores dan memiliki arti nyanyian yang merdu. Hal itu jugalah yang terasa dari lagi-lagi Deredia. Band asal Jakarta ini memang menawarkan harmonisasi yang apik di antara keenam personelnya. Dengan nuansa traditional pop yang kental, mereka siap membawa pendengarnya kembali ke era 50-an yang klasik namun menarik untuk didengarkan.

Cikal bakal Deredia bermula dari dua gitarisnya, Dede Kumala dan Yosua Simanjuntak. Mereka punya kesamaan, yaitu sama-sama mengidolakan karya-karya Les Paul and Mary Ford. Dede dan Yosua pun sepakat membentuk band yang punya aliran serupa. Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan Raynhard Lewis Pasaribu (piano), Papa Ical (bas), dan Aryo Wicaksono (drum). Berlima, mereka semakin mantap untuk membuat band bersama

Pada 2015, Deredia semakin komplet setelah bertemu dengan sang vokalis, Louise Monique Sitanggang. Tugas Louise di band ini bukan hanya melantunkan lagu, tapi juga menyusun lirik yang menggugah tanpa mengganggu harmonisasi musik mereka. Salah satu karyanya adalah single Tembagapura yang menggambarkan suasana tempat ia dibesarkan, Tembagapura di Mimika, Papua. Ada juga Fantasi Bunga yang bercerita tentang seorang wanita cantik dan Sugabucks dengan kisah soal pejabat korup.

Setelah melalui berbagai proses, Deredia akhirnya melahirkan sebuah album yang diberi nama Bunga & Miles. Kemasan album debut ini pun unik, yakni dengan menggunakan dua keping CD. Side A diberi nama Bunga dan berisi empat lagu berbahasa Indonesia dan side B bernama Miles dengan lima lagu berbahasa Inggris. Semuanya bernuansa classic pop dengan sentuhan manouche, sedikit jazz dan rocakbily, serta ragtime di sana-sini.

Dengan single andalan Teman Seperjuangan, Deredia mengajak pendengarnya untuk berjuang sama-sama di tengah sulitnya persaingan modern. Nuansa yang kaya pada single tersebut menggambarkan impian orang yang beragam namun tetap menjadi satu dalam musik. Intinya adalah pesan untuk tidak pernah lupa berbahagia meski sedang berjuang meraih mimpi.

Album Bunga & Miles resmi dirilis saat mereka menjadi salah satu penampil dalam event Java Jazz Festival 2016. Deredia tampil membawakan lagu-lagunya dengan penampilan khas tahun 50-an. Sebagai ciri khas utama, Louise bahkan selalu perform dengan makeup ala pin-up girl.

 

Biodata

Nama                                         : Deredia

Nama Personel                        : Louise Monique Sitanggang (vokal), Yosua Simanjuntak (gitar), Raynhard Lewis Pasaribu (piano), Papa Ical (bas), dan Aryo Wicaksono (drum)

Genre Musik                            : pop klasik, manouche, jazz, rockabilly, ragtime, dixie, dan country

Tahun Aktif                              : 2016 – sekarang

Perusahaan Rekaman            : Demajors

Website                                     :  www.derediamusic.com

 

Sources

Website Band

Kompas Entertainment

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!