Bicara Musik

DEADSQUAD
  • By : admin
  • 7 February 2019

DEADSQUAD

Nama band Deadsquad patut diperhitungkan dan tidak dipandang sebelah mata dalam kancah musik metal tanah air. Band yang berdiri sejak tahun 2006 ini sebenarnya adalah proyek sampingan dari Ricky Siahaan (gitaris Seringai) dan Stevie Item (gitaris Andra & The Backbone). Berawal dari proyek coba-coba, band ini pun mulai melebarkan sayapnya dan menjadi salah satu band metal terbaik Indonesia hingga sekarang. Namun, pada Juni 2006 Ricky memutuskan untuk resign. Prisa Adinda dari Zulu pun didapuk untuk menggantikannya. Prisa juga tidak bertahan lama dan posisinya digantikan oleh Coki Bollemeyer dari Netral.

Album pertama mereka Horror Vision rilis pada 9 Maret 2009 di bawah naungan label Rottrevore Records, bertepatan dengan konser band metal Lamb of God di Jakarta. Lagu andalan di album ini adalah Pasukan Mati yang bercerita tentang barisan fasis sayap kanan tidak produktif. Ada pula Manufaktur Replika Baptis yang menceritakan tentang ‘paksaan’ dalam beragama di Indonesia. Album ini juga dirilis oleh perusahaan rekaman asal Malaysia, Dark Colloseum.

Memasuki tahun 2013, album kedua Deadsquad yang bertajuk Profanatik dirilis pada bulan November di bawah naungan perusahaan rekaman Armstretch Records. Selang tiga tahun kemudian, yakni pada tahun 2016, menyusul diluncurkannya album ketiga bertajuk Tyranation.

Sempat gonta-ganti personil, Deadsquad sendiri memiliki gaya bermusik cukup unik dalam menghasilkan hits-hits cadas mereka. Gaya bermusik ini tidak lain dipengaruhi teknik bermain musik campuran atau perpaduan old school dan new school. Terkadang mereka juga memasukkan gaya bermusik fusion jazz di sela-sela hentakan cadasnya.

Di awal karir bermusiknya, Deadsquad banyak terinspirasi dan men-cover lagu-lagu dari band metal kawakan seperti Slayer, Anthrax, dan Sepultura. Album pertama mereka terpengaruh dari aliran-aliran metal seperti Dying Fetus. Sementara itu, sang gitaris Stevie Item terpengaruh dengan gaya bermusik Steve Vai. Inilah yang membuat Deadsquad sering manggung bersama band metal internasional seperti Lamb of God, Cradle of Filth, dan The Black Dahlia Murder.

Akhir tahun lalu, bersama Burgerkill, Deadsquad mengadakan tur keliling Eropa. Stevie Item dan kawan-kawan menyambangi Austria, Jerman, Swiss, Perancis, dan Belanda. Di Belanda inilah keduanya beraksi dalam satu panggung sebagai puncaknya. Tidak hanya tur dan manggung, mereka juga menjalin network dengan label rekaman di sana.

 

BIODATA

Nama Grup            : Deadsquad

Personel                  : Stevie Item, Daniel Mardhany, Anak Agung Gde Agung, Kharisma, Alvin Eka Putra

Genre                       : Hardcore, Trashmetal, Metalcore

Asal                          : Jakarta

Tahun Aktif            : 2006 – Sekarang

Label                        : Rottrevore Records, Armstretch Records

Situs Resmi             : https://www.deadsquad.id/band

 

Sources:

Website Band

Detik.com

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!