Bicara Musik

D’CINNAMONS
  • By : admin
  • 7 February 2019

D’CINNAMONS

Cinnamons atau kayu manis rasanya bukan sekadar nama buat grup asal Bandung, Jawa Barat ini. Grup dengan konsep unplugged acoustic ini punya nuansa tersendiri yang manis dan menenangkan layaknya aroma rempah kayu manis di setiap lagu-lagunya. Perpaduan antara vokal yang lembut dengan iringan gitar yang halus membuat D’Cinnamons selalu menyenangkan untuk didengar.

Terbentuk di tahun 2004 lewat gagasan Diana “Dodo” Widoera, sang vokalis, ia berniat membentuk sebuah grup musik dengan konsep yang belum banyak digunakan di pasar mainstream: grup akustik. Untuk memberikan sebuah nuansa yang lebih dekat dan akrab, konsep unplugged acoustic pun dipilih Dodo untuk grup musik yang baru dibentuknya.

Ia kemudian menggandeng Ismail “Bona” Bonaventura dan Louise “LauT” Laura Lalitanaya untuk mendirikan grup musik ini. Grup ini berdiri dengan Bona sebagai gitaris, backing vocal, sekaligus pemain dobro dan LauT sebagai bassist dan backing vocal. Dodo sendiri menjadi vokalis utama dan gitaris.

Setelah resmi berdiri pada September 2004, ketiganya fokus untuk menciptakan lagu dan merilis album sendiri. D’Cinnamons mulai dikenal publik setelah mengudara lewat radio lokal Bandung mulai dari Januari hingga Juni 2005. Dalam sesi yang bertajuk “D’Cinnamons Love Acoustic” itulah mereka mulai memperkenalkan musik yang nantinya menjadi ciri khas utama D’Cinnamons.

Akhirnya pada bulan Januari 2007, Dodo, Bona, dan LauT berhasil merilis sebuah album yang diberi judul Good Morning. Album ini memiliki total sepuluh lagu dan enam di antaranya menggunakan Bahasa Inggris. Single andalan Ku Yakin Cinta dan Loving You sukses menjadi lagu yang sering diputar dan di-request di radio-radio.

Kesuksesan tersebut kemudian mengantarkan D’Cinnamons untuk mengisi original soundtrack film Cintapuccino pada bulan September 2007. Membawakan remake dari hit tahun 1995 milik Yana Julio, Selamanya Cinta, mereka kembali meraih kesuksesan. Mereka bahkan diganjar penghargaan Indonesian Movie Awards (IMA) 2008 untuk kategori soundtrack favorit.

Pada tahun 2010, D’Cinnamons harus berganti personel. LauT harus digantikan oleh Riana “Nana” Mayasari karena alasan personal. Namun, tentu saja, perubahan ini tidak membuat nuansa musik grup ini berubah. Mereka bahkan merilis album baru bertajuk Atlantis pada tahun 2012. Album baru ini mengusung konsep akustik full orchestra yang megah.

 

Biodata

Nama                                         : D’Cinnamons

Nama Personel                        : Diana “Dodo” Widoera, Ismail “Bona” Bonaventura, Riana “Nana” Mayasari

Asal                                            : Bandung

Tahun Aktif                              : 2004 – sekarang

Perusahaan Rekaman             : Aquarius Musikindo

Website: –

 

Sources

D’Cinnamons Page Wikipedia

Teaterkolom

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!