Bicara Musik

Coldiac
  • By : admin
  • 27 July 2020

Coldiac

Sempat dikenal dengan nama Piratez pada tahun 2008 sampai 2014, akhirnya pada tahun 2015 grup musik tersebut berganti nama menjadi Coldiac. Terdiri dari Sambadha Wahyadyatmika (vokal/gitar), Mahatamtama Arya Adinegara (vokal/gitar), Derry Rith Haudin (kibor, synth), dan Bhima Bagaskara (bass), mereka merilis album perdananya bertajuk Heartbreaker pada tahun 2016.

Melalui album tersebut, Coldiac mempersembahkan wajah baru mereka yang bernuansa pop dan elektronik. Mereka lepas dari aliran musik rock dalam grup musik sebelumnya. Heartbreaker terdiri dari 12 trek yang mengambil tema percintaan dan ditulis dengan lirik bahasa Inggris.

Album ini dibuka dengan Doors, sebuah intro yang hanya berisi instrumental tanpa vokal berdurasi satu menit. Dari lagu ini bisa terlihat akan seperti apa jenis musik yang akan dibawakan di trek-trek berikutnya.

Beberapa lagu menceritakan perasaan orang yang dimabuk asmara seperti Love, That Was You dan Look Around. Sedangkan, ada juga yang bertema depresi dan sedih dalam lagu Heartbreaker, I Hate You, Liquor dan Please. Coldiac juga blak-blakan berbicara tentang cinta dan seks dalam Take You Out dan Upside Down.

Pop elektronik ala The 1975 tak asing terdengar dalam Heartbreaker.

Maka dari itu, banyak yang mengatakan Coldiac ini mirip sekali dengan The 1975. Grup musik ini pun mengakui bahwa mereka memang pendengar The 1975 dan tak memungkiri mereka terpengaruh juga. Namun, bukan berarti mereka plagiat The 1975, karena warna musik yang disuguhkan berbeda.

Coldiac ingin orang-orang tak menganggapnya plagiat. Mereka pun sangat ingin membuktikan bahwa karyanya orisinil.

Setahun kemudian, Coldiac merilis single bertajuk Wreck This Journal dan Spend The Night. Coldiac masuk nominasi AMI Awards untuk “Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi R&B Terbaik”. Meski tidak menang, setidaknya keberadaan mereka pun mulai dikenal lebih banyak orang lagi. Pada than 2018, mereka meluncurkan album terbarunya bertajuk O. Masih kaya akan ciri khasnya, grup musik ini terdengar lebih enerjik dan upbeat dalam album keduanya.

Sebelumnya, mereka merilis dua single dalam album yakni TARA dan White Room. TARA membicarakan tentang hidup di usia 20-an dan meninggalkan penyesalan di masa lalu. Kedua single dilengkapi dengan video musik yang diungah di kanal YouTube.

Sebelum menuju album terbarunya bertajuk No Make Up yang rilis tahun 2020, Coldiac kembali meluncurkan beberapa single pada tahun sebelumnya. Ada Vow, Don’t Love Me, dan Tiffany yang menandai masih produktifnya band ini.

Pada trek utamanya yang berjudul sama dengan album yakni No Make Up, Coldiac berkolaborasi dengan musisi asal Malaysia yaitu NYK. Awal perkenalannya itu NYK mengungkapkan rasa kagumnya dengan lagu White Room sehingga mereka pun berkomunikasi via media sosial. Dalam lagu itu, Coldiac memberi unsur musik baru yakni Japanese city pop dan Korean R&B.

 

BIODATA

Nama Grup                   : Coldiac

Nama Anggota            : Sambadha Wahyadyatmika, Mahatamtama Arya Adinegara, Derry Rith Haudin, Bhima Bagaskara

Asal                                 : Malang

Genre Musik                : R&B, Elektronik Pop

Tahun Aktif                 : 2015 – Sekarang

Label Rekaman         : Juni Records, GZZ

 

Source :

Wikipedia

Detik.com

The Display

Medcom

The Display

Kompas

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!